Usaha Kreatif Di Bulan Puasa Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah, bukan hanya usaha kuliner dan busana muslim yang bisa anda kerjakan.

Bulan puasa tahun ini kembali lagi menjumpai kita, setidaknya mari kita ucapkan “Alhamdulillah” atas nikmat tuhan yang masih memberikan kesempatan umur kepada kita. Semoga tahun ini kita bisa lebih bijak dalam memanfaatkan waktu kita dengan hal-hal yang bermanfaat sehingga waktu kita bisa lebih produktif lagi dari sebelum-sebelumnya. Dan semoga dengan kehadiran bulan Ramadhan tahun ini kita bisa lebih mendekatkan diri kita kepada tuhan yang maha berkuasa.

Sebagai seorang blogger, penulis juga kerap memperhatikan sejumlah peluang usaha dan bisnis. Dalam beberapa kesempatan penulis mencatat dan menambahkan opini pribadi yang sejalan dengan akal logis kita manusia biasa.

Catatan-catatan itulah yang kemudian penulis publikasikan selain mempelajarinya sendiri, penulis juga ingin berbagi pendapat, pengetahuan, serta sedikit analisa dan opini pribadi. Di buluan Ramadhan penuh berkah ini kita yang muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa ya? Yang mungkin makna nya adalah sebuah upaya kita mengatur kehendak hafsu, sehingga kita bisa menjadi manusia yang lebih dekat dengan tuhan dan lebih bijaksana lagi, dll.

Bisnis Kuliner Di Bulan Ramadhan.

Usaha kuliner di bulan puasa

Namun aneh juga sebenar! Justru di bulan Ramadhan inilah apa-apa yang menggugah keinginan kita nampak berhamburan. Makan misalkan? Jangan tanya lagi karena kita sama tahu bagaimana berbagai macam makan dan minuman akan bermunculan di bulan puasa ini, dan memang menjadi buruan dari kalangan umat muslim yang akan berbuka puasa.

Makanya usaha dan bisnis kuliner di bulan puasa nampak naik dan meninggi potensinya, walau pun kesan nya orang tidak makan dan minum di siang harinya. Menariknya, dari sekian banyak artikel-artikel usaha dan bisnis di bulan Ramadhan justru selalu menempatkan bisnis kuliner dalam sederit usaha yang dianjurkan karena potensi keuntungan nya.

Huhu jangan salah, justru di bulan ramadhan ini eksistensi bisnis kuliner bisa kita mulai. Koq bisa sih? Faktanya yang ada adalah justru di bulan ini hampir semua jenis masakan, makanan, minuman, dll akan bermunculan. Bahkan makanan atau minuman yang biasanya jarang kita temukan justru di bulan ini menampak-kan wujudnya. Dan ini bisa kita jadikan sebuah moment untuk memperkenalkan sebuah menu masakan atau kuliner yang akan kita jual dikemudian hari nanti.

Kecendrungan orang mencoba kuliner baru juga sangat besar, hampir makanan dan minuman yang unik, dan nampak baru akan cepat laku. Sebenarnya penulis juga bingung, koq bisa di bulan yang seharusnya kita menahan diri dari nafsu kehendak diri yang berlebihan justru sebaliknya. Tapi ini real, kalian bisa melihat sendiri faktanya di lapangan.

Usaha Busana Muslim Dan Busana Lainnya Menjelang Hari Raya.

Bisnis pakaian di bulan puasa

Jangan kaget kalau misalkan 15 hari jalan bulan Ramadhan pasar mulai menampak-kan aktifitas lebih. Pertokoan nampak sedikit padat, khususnya toko pakaian, dan sejumlah alat rumah tangga khsusnya alat-alat dapur. 1 minggu menjelang hari raya Idul Fitri bisa dikatakan puncak transaksi di mall dan pasar tradisional. Makanya banyak kalangan yang akan melakukan stok barang sebelum bulan puasa, mengingat tidak mungkin jika saat barang lagi deras-derasnya keluar dari toko kita justru sibuk memasuk-kan barang.

Di negara mayoritas muslim seperti Indonesia, bulan Ramadhan layaknya seperti puncaknya perputaran ekonomi. Perputaran uang akan melunjak sangat pesat, khususnya untuk beberapa sektor tertentu. Para pedagang biasanya akan sangat memanfaatkan moment tersebut, bahkan banyak juga sejumlah kalangan yang mendadak menjadi pedagang.

Menjelajahi Usaha Kreatif Di Bulan Ramadhan.

Sekali lagi ada banyak artikel yang sudah membahas pembahasan kita diatas, penulis ingin memberikan hal baru minimal membuka pemikiran kita yang hanya terpaku kepada pemikiran kebanyakan orang. Namun kita akan memulai dari dua usaha paling pupoler di bulan Ramadhan tersebut.

Random Post
1 of 10

Jasa Freelancer.

Usaha Buruh Lepas harian bulan Ramadhan

Dagang, makanan, pakaian, bulan Ramadhan adalah kata kunci yang akan kita kuliti kali ini. Karena dagang, makanan, dan pakaian di bulan puasa tidak mungkin akan berdiri sendiri. Ada sejumlah sektor yang ikut dibelakangnya, jika kita kerjakan dengan benar dan sungguh-sungguh juga menjanjikan. Salah satu nya adalah tenaga jasa kurir, buruh, dll yang sipatnya freelancer.

Rumah makan yang biasanya hanya memperkerjakan 2-5 orang karyawan di bulan tersebut bisa saja harus menambah tenaga karyawan nya, namun hanya di bulan tersebut, sementara di bulan lainnya jumlah karyawan yang mereka pekerjakan akan kembali normal. Begitu juga dengan sejumlah toko dan pusat perbelanjaan.

Jika kita amati adanya trend peningkatan aktifitas di bulan tersebut harusnya bisa kita manfaatkan misalkan dengan membuka jasa tenaga harian lepas/freelancer. Bahkan sebenarnya kita bisa mendirikan agen penyaluran tenaga harian lepas tersebut.

Jenis jasa yang kita tawarkan juga lumayan bisa bervariasi, dari jasa jaga malam, scurity tambahan, tenaga kurir angkat barang, jasa pengaturan area parkir, jasa antar barang, jasa bersih-bersih, dll. Kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada, karena itu kepekaan dan kreativitas akan sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini.

Event Organizer.

Event organizer di bulan puasa Ramadhan.

Selain tenaga harian lepas, yang lebih sepesifik bisa usaha atau bisnis event organizer. Bulan Ramadhan biasa dimanfaatkan oleh sejumlah kalangan untuk acara-acara tertentu, semisal acara reuni, acara promo, hingga acara silaturrahmi, acara buka bersama, dsb. Peningkatan acara-acara seperti akan meningkat di bulan Ramadhan sebagai ajang pemanfaatan waktu luang.

Karena itu jasa event organizer juga akan meningkat, banyak kalangan yang membutuhkan tenaga-tenaga profesional untuk mengadakan event-event tertentu. Jenis bisnis seperti ini memang tidak nampak terlihat karena biasanya memang bekerja dibelakang layar, namun percayalah dibalik suksesnya sebuah acara ada tenaga-tenaga profesional yang sangat berjasa untuk itu.

Anda hanya memerlukan sebuah sentuhan kreatif saja. Misalkan lebih awal menyudurkan proposal ke sejumlah instansi pemerintah, perusahaan, sekolah dan universitas, dll. Anda juga bisa bekerja sama dengan sejumlah rumah makan dan penyewaan tempat dan barang atau aula sebagai konsumsi dan tempat dilangsungkan nya acara.

Apakah Ada Ide Usaha Lainnya?.

Tentu saja banyak! Hanya saja penulis tidak akan mungkin membahas satu persatu secara mendetail, kamu bisa menggunakan akal logis untuk sedikit mengolah hal biasa menjadi sangat spesial di bulan yang penuh berkah ini. Yang namanya kreativitas itu tidak terbatas dengan apa yang anda baca, dan anda pelajari. Kitalah yang harus menemukan nya dengan kreativitas kita sendiri.

Penulis hanya memaparkan sedikit saja agar otak kanan kita bekerja memahami bagaimana kita memanfaatkan sebuah moment penting yang terjadi. Jangan terpukau dan terbtas dengan pembahasan penulis. Penulis juga manusia biasa yang kreativitasnya sangat terbatas, apa yang anda pikirkan belum tentu terpikirkan oleh penulis.

Jika misalkan kamu punya ide tambahan bisa sharing dengan kami koq, entah melalui media sosial penulis atau kirimkan komentar kamu di post ini. Jangan takut untuk berbagi cerita, justru dengan saling berbagi kita akan menemukan hal baru yang mungkin belum kita temukan sebelumnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.