Tips Jualan Menggunakan Sosmed, Pelan Tapi Pasti

Tips Jualan Menggunakan Sosmed

Tips Jualan Menggunakan Sosmed.- Tips menarik untuk kita simak, bagaimana caranya mendapatkan lebih banyak pelanggan di lapak kita.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jualan online sebenarnya sudah lumayan lama banyak digeluti oleh banyak kalangan, dari mulai menggunakan toko online sendiri, sampai menggunakan platform marketplace dan sosial media. Karena itulah dalam kesempatan ini kita pengen bahas bagaimana “Tips melakukan penjualan online melalui media sosial online. Mungkin sedikit revisi karena perkembangan media sosial yang terus melakukan perubahan dan gaya orang atau pengguna media sosial itu juga berubah.

1.Harus kita ketahui mana calon pembeli yang berminat dengan jualan kita.
2.Melakukan seleksi calon pembeli yang bisa kita jadikan target penawaran.
3.Memahami apa mau nya calon pembeli.

Tiga hal tersebut sepertinya harus kita pahami sebelum kita masuk kepada sejumlah teknik penjualan. Kita harus tahu mana target pasar kita, jangan sampai kita salah menargetkan sehingga meninggalkan sebuah kesan kita sedang melakukan tindakan spam dimedia sosial. Orang akan melihat kita alergi sehingga bisa saja berdampak buruk dengan kita.

Langkah lainnya adalah melakukan seleksi target pasar, mengingat ada banyak tipe pengguna sosial media. Misalkan kita jual make-up untuk wanita maka sulit rasanya jika kita jualan di group laki-laki penghoby bola, kecuali kita jualan jersey bola. Setelah kita memahami mana yang bisa kita target sebagai calon pembeli potensial maka kita tinggal melakukan seleksi alam. Misalkan dengan memanfaatkan fans page yang sesuai dengan barang jualan kita. Melakukan pertemanan yang dengan mereka yang memiliki minat dengan barang jualan kita.

Dan ketiga memahami maunya mereka barang kita seperti apa? Murah atau berkualitas, atau jangan-jangan mereka maunya murah tapi berkualitas. Masalahnya kan ada orang yang tidak perduli dengan nama besar branding sebuah produk yang penting murah, ada juga yang sebaliknya harga tidak masalah asalkan berkualitas. Disitu kita sebagai penjual harus bisa menyesuaikan maunya buyyer.

Teknik penjualan yang menyenangkan.

Teknik penjualan yang menyenangkan
Bagian penting dan mungkin target kita adalah melakukan penjualan. Namun kita juga harus melakukan nya untuk jangka waktu lama sebagai sebuah pertimbangan kemajuan usaha kita. Makanya harus kita lakukan dengan cara yang menyenangkan bukan hanya kita, namun juga bagi calon pembeli.

Menurut kami ada beberapa teknik melakukan penjualan dengan nyaman dan menyenangkan namun tetap target akan berjalan.

1.Dengan membangun customer base yang berlandaskan minat.
2.Menjadikan diri kita sebagai icon branding jualan kita.

Dua faktor bisa kita jalankan. Kita bisa menjadikan diri kita sebagai alat promosi produk kita sendiri. Itu kita lakukan dalam aktivitas media sosial kita. Memang tergantung produk yang kita jual.

Misalkan produk adalah fashion/baju dan celana. Yuk! Kita jadikan akun media sosial kita, entah: fb, instagram, twitter, google+, linkedin, dll sebagai ajang kita memamerkan sejumlah produk kita melalui diri kita. Jadi bukan cuman “Ayo siapa yang minat, harga murah” bukan! Namun dengan menjadikan diri kita tampil modes dengan berbagai gaya model kekinian sesuai produk yang jual. Sehingga orang yang memang memiliki minat kearah sanalah yang akan terseleksi dengan sendirinya.

Kita memang tetap harus memperkenalkan diri sebagai seorang seller/penjual produk tertentu. Tapi batasan nya adalah sampai mana orang tahu, sisanya adalah bagaimana kita membuat orang tertarik dengan produk kita.

Cara membuat orang tertarik itulah yang harus kita lakukan, misalkan dengan menjadikan kita icon dan model produk yang kita jual tersebut. Jualan baju nih dengan merk terkenal masa iya tampilan kita dimedia sosial dengan baju ala kadarnya. Share gaya terbaik kita menggunakan pakaian tersebut. Eh orang yang minat dengan gaya pakaian akan tertarik bertanya “Keren ya? Berapa itu harganya? Belinya dimana? Dst….

Point Penting Jualan Dengan Menggunakan Media Sosial.

Dalam melakukan penjualan online menggunakan media sosial itu yang terpenting adalah bukan bagaimana mempromosikan produk kita, namun bagaimana kita membangun sebuah customer base. Menemukan peminat, mengumpulkan mereka sebagai target pasar kita, menyimpan itu sebagai data pribadi sehingga usaha-usaha kita mempromosikan produk kita tidak menguap begitu saja hilang entah kemana?.

Pahami bahwa yang mahal dari semua bisnis usaha jual-beli online adalah data konsumen. Siapa dia? apa minat mereka?, dll. Pahami bagaimana marketplace memanfaatkan penjual-penjual bebas memasarkan produk mereka dengan bebas diplatform mereka? apa yang mereka dapat? data base calon potensial.

Mereka punya data apa minat kebanyakan orang, berapa harga pasaran nya, bahkan mereka punya akun email orang-orang yang bisa saja dan kapan saja mereka tawarkan produk yang mereka jual sendiri berdasarkan data yang ada pada mereka.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger, penulis dan pemerhati topik: general, lifestyle, kesehatan, tekno, SEO, dan banyak lainnya. Seorang ayah dengan 2 anak menuju proses anak ke 3 | www.elkiram.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *