Berikut Tanda-tanda Hamil Tua yang Harus Kita Kenali

Ibu Hamil Tua

Kehamilan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap calon orangtua, terutama bagi para pasangan suami istri yang baru menikah. Selama masa kehamilan, tentu saja akan ada perubahan atau tanda-tanda mulai dari usia kehamilan muda hingga kehamilan tua. Berbicara soal kehamilan tua, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan mengulas seputar beberapa tanda-tanda hamil tua. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Rasa Gatal-gatal

Ciri atau tanda-tanda pertama dari kehamilan tua, yakni adanya rasa gatal-gatal yang amat sangat pada bagian perut. Ya, rasa gatal tersebut tidak seperti biasanya, sehingga anda tidak pernah ada henti-hentinya menggaruk bagian perut. Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk tidak sering menggaruknya, ditakutkan terjadi luka lecet pada perut. Terlebih jika kuku jari tangan anda itu cukup runcing! Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasi rasa gatal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan krim atau gel anti gatal, yang bisa anda beli di apotik terdekat. Tak hanya itu, anda juga bisa mengatasi rasa gatal tersebut dengan cukup mengusap perut saja.

2. Porsi Makan Sedikit Tapi Sering

 Saat sedang hamil tua, porsi makan anda menjadi sedikit tapi sering. Bahkan, porsi makan yang sedikit ini akan terus berlanjut hingga si bayi terlahir. Biasanya, anda bisa makan sebanyak 5 hingga 6 kali per harinya. Dalam hal ini, anda tidak boleh sembarang mengonsumsi makanan, dan harus memilih makanan-makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Mengenai makanan, sangat tidak dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak. Pasalnya, kandungan lemak tersebut tidak bagus untuk kondisi kesehatan bagi ibu hamil.

3. Leher Rahim Sudah Mulai Terbuka

Leher rahim yang sudah mulai terbuka dan menipis pada beberaa hari terakhir sebelum persalinan, namun hanya sedikit. Saat melakukan check up, maka dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan lebih dalam untuk melihat apakah leher rahim anda sudah meregang untuk menyambut kelahiran bayi. Tapi, leher rahim tidak akan terbuka sepenuhnya dengan cepat, terkecuali diikuti dengan kontraksi rahim yang lebih teratur.

4. Kram Pada Perut dan Punggung Yang Begitu Hebat

Pada usia kehamilan tua, maka jangan heran jika anda akan merasakan tekanan berupa kram hebat pada bagian panggul alias perut bagian bawah. Selain itu, anda juga akan merasakan sakit pada bagian paha dan punggung bawah, terlebih jika hal tersebut bukanlah kehamilan pertama anda. Tak hanya itu saja, otot dan sendi tubuh anda akan meregang serta bergeser sebagai tanda persiapan kelahiran bayi.

5. Diare dan Mual-mual

Tanda-tanda berikutnya dari kehamilan tua yang harus anda kenali, yakni adanya kondisi diare dan mual-mual. Hormone yang diproduksi oleh tubuh untuk memudahkan kelahiran bayi, dimana anda dapat merangsang usus agar bergerak lebih sering, sehingga anda menjadi lebih sering bolak-balik ke kamar mandi akibat diare dan muntah-muntah. Kondisi ini memang cukup mengganggu, namun hal ini adalah reaksi alami dari tubuh. Tak hanya itu saja, anda juga akan lebih sering buang air besar alias BAB. Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk memperbanyak minum air putih.

Itulah beberapa tanda-tanda bahwa anda sedang hamil tua. Dengan demikian, anda pun dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut proses persalinan.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger, penulis dan pemerhati topik: general, lifestyle, kesehatan, tekno, SEO, dan banyak lainnya. Seorang ayah dengan 2 anak menuju proses anak ke 3 | www.elkiram.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *