Cara Menurunkan Panas Pada Anak Bayi

Cara Menurunkan Panas Pada Anak Bayi

Cara Menurunkan Panas Pada Anak Bayi | Demam pada anak menjadi momok yang sangat menakutkan bagi orang tua. Khususnya bagi para orang tua yang baru saja memiliki anak. Kepanikan biasanya menjadi sesuatu hal wajar dirasakan. Karena itu penting bagi mereka untuk memahami tentang permasalahan tersebut.

Penyebab Demam Pada Anak.

Demam atau tubuh terasa panas pada anak sebenarnya bukan sebuah penyakit, namun hal yang wajar atas sebuah reaksi. Saat anak diserang oleh virus, bakteri, atau radikal bebas lainnya maka sistem kekebalan tubuh pada anak akan bereaksi melakukan perlawanan atas zat-zat asing tersebut. Ini di tandai dengan meningkatnya suhu tubuh pada anak.

Demam terjadi karena ada virus yang berusaha masuk ke dalam tubuhnya, atau zat asing yang berusaha menyerang dalam tubuhnya. Itulah kenapa demam terjadi pada anak karena dia terkena flu atau berbagai virus lainnya.

Saat anda melakukan pemeriksaan di sebuah rumah sakit, maka dokter biasanya akan mencari tahu penyebab demam tersebut. Apakah ada virus yang menyerangnya, semisal: melakukan pemeriksaan darah, pemriksaan sisa buang air besarnya BAB. Hal itu dilakukan untuk memastikan virus atau zat apa yang sedang menyerangnya.

Jadi yang di obati sebenarnya bukan demamnya, untuk demam mungkin anak akan diberikan obat penurun panas. Namun pemeriksaan lebih dari sekedar itu. Itulah kenapa untuk anak yang demam berlanjut lebih 3 hari sangat dianjurkan melakukan pemeriksaan secara medis untuk memastikannya.

Baca juga: Stimuno untuk Balita.

Bukan Penyakit Bukan Berarti Tidak Menggangu.

Walau bukan penyakit namun bukan berarti demam pada anak adalah hal sepele yang harus dianggap remeh oleh para orang tua. Setidaknya itu menunjukan bahwa ada sesuatu di dalam tubuhnya yang berusaha menyerangnya. Karena itu penting untuk memastikan virus atau bakteri apa yang berusaha mengusik tubuh mungilnya.

Apalagi demam biasanya berimbas kepada tumbuh kembangnya. Anak menjadi kurang ceria, nafsu makannya menurun, hingga berdampak kepada berat tubuhnya.

Bahkan tubuh anak yang suhu tubuhnya sangat tinggi bisa saja menyebabkan step atau terjadi kejang-kejang. Kejang-kejang atau step adalah reaksi lanjutan atas suhu tubuh yang meningkat terlalu tinggi. Kisaran +39 celcius panas tubuhnya akan berpotensi terjadi kejang-kejang. Karena itu idealnya jika suhu tubuh anak sudah sampai 38 celcius maka berilah dia obat penurun panas agar tidak sampai terkena step atau kejang.

Persiapan Orang Tua

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bagi para orang tua wajib untuk menyiapkan beberapa keperluan sebagai tindakan antisipasi atas demam yang terjadi pada anak.

  1. Siapkan Termometer. Untuk mengukur suhu tubuhnya.
  2. Siapkan obat penurun panas, seperti: Faracetamol anak, atau yang lain sesuai anjuran dokter.
  3. Sediakan selalu air putih untuk menghindari dehidrasi pada anak.

Tiga alat tersebut bisa saya katakan wajib di miliki oleh orang tua yang memiliki anak usia balita. Dan idealnya setiap rumah tangga memilikinya sebagai antisipasi, jangan sampai sibuk mencari obat saat tubuh anak terlanjur panas yang tinggi.

Menurunkan Panas Pada Anak.

Jika tubuh anak anda mulai demam, maka lakukan sesegara mungkin tindakan penurunan suhu panasnya. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan di rumah sebelum memeriksakan nya ke dokter.

  1. Kompres tubuh anak dengan air. Caranya dengan membasahi kain dan membaluri pada tubuh anak.
  2. Longgarkan bajunya, dan gunakan baju yang berbahan tipis.
  3. Berikan air putih lebih banyak untuk menghindari dehidrasi pada anak.
  4. Berikan obat penurun panas 8jam sekali.
  5. Segera periksa ke dokter jika panas berlanjut untuk memastikan penyebab demam pada anak anda agar bisa dilakukan pengobatan.

Dan yang terpenting adalah jangan pernah mengabaikan anak yang sedang demam. Keberadaan orang tua disisinya akan memberikan sebuah sugesti kepada anak. Sehingga mampu mempercepat penyembuhan, karena sistem imun pada anak akan berkerja lebih ekstra lagi.

Baca juga: Tips Mendapatkan Keturunan dengan Cepat

Kekuatan sugesti dari orang tua ampuh membantu ketahan tubuh pada anak, karena itu hendaknya saat anak anda demam jangan pernah mengabaikan nya namun juga jangan terlihat panik dihadapannya. Semoga artikel bebas ini bisa bermanfaat bagi para orang tua di luar sana.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger, penulis dan pemerhati topik: general, lifestyle, kesehatan, tekno, SEO, dan banyak lainnya. Seorang ayah dengan 2 anak menuju proses anak ke 3 | www.elkiram.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *