Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri
Bimtek / Diklat Sistim Administrasi Keuangan di Bandung (Sumber: pusdiklatpemendagri.com)

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri (Pusdiklat Permendagri) adalah sebuah kegiatan pusat pendidikan dan pelatihan pemerintahan dalam negeri yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM).

Pusdiklat Permendagri bergerak dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Bimbingan Teknis (Bimtek), Workshop, In House Training, dll, yang bertujuan untuk meningkatkan SDM anak bangsa hingga mampu lebih berdaya dalam banyak bidang.

Untuk mendapatkan Info Bimtek (Bimbingan Teknis) sebenarnya cukup mudah, apalagi untuk jaman sekarang di era digital ini. Kita mengunjungi laman online atau website lembaga terkait, karena biasanya pada laman online tersebut akan dengan mudah kita dapatkan berbagai macam info terbaru seputar kegiatan mereka.

Ada bisa mengunjungi halam website Pusdiklatpermendagri.com untuk mendapatkan banyak informasi lengkapnya. Namun setidaknya pada tulisan kami ini, kita akan lebih kepada pengenalan awal saja.

Materi Bimtek (Bimbingan Teknis)

Ada banyak sekali materi Bimtek (Bimbingan Teknis) yang bisa kita dapatkan, ini jika kita merujuk pada laman online resminya. Misalkan:

  1. Pelatihan / Bimtek / Diklat DPRD
  2. Pelatihan / Bimtek / Diklat Desa/Lurah/Camat
  3. Pelatihan / Bimtek / Diklat Keuangan
  4. Pelatihan / Bimtek / Diklat Kepegawaian
  5. Pelatihan / Bimtek / Diklat Barang dan Aset
  6. Pelatihan / Bimtek / Diklat Pemerintahan Daerah
  7. Pelatihan / Bimtek / Diklat Barang/Jasa Pemerintah
  8. Pelatihan / Bimtek / Diklat Kearsipan
  9. Pelatihan / Bimtek / Diklat Kesehatan & Rumah Sakit
  10. Pelatihan / Bimtek / Diklat Perpajakan
  11. Pelatihan / Bimtek / Diklat Penanaman Modal
  12. Pelatihan / Bimtek / Diklat UKM / UMKM
  13. Pelatihan / Bimtek / Diklat SATPOL PP
  14. Pelatihan / Bimtek / Diklat Kependudukan dan Capil
  15. Pelatihan / Bimtek / Diklat Perusahaan/BUMD/BUMN
  16. Pelatihan / Bimtek / Diklat Bidang Hukum

Kita ambil contoh saja tentang Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa. Kita tahu bagaimana pemerintah kita menggelunturkan sejumlah dana ke desa-desa berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang bersumber dari APBN.

Tentu saja tujuan utamanya adalah agar sebuah desa bisa lebih maju, berkembang lagi. Namun sayangnya penulis sendiri masih sering membaca adanya kekacauan pengelolaan dana tersebut. Salah satu alasannya karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengelola dana-dana tersebut secara tepat dan bagaimana melakukan pengelolaan hingga pada tahap pertanggungjawabannya.

Pada dasarnya Bimtek (Bimbingan Teknis) seperti ini sangatlah penting untuk benar-benar terciptanya sebuah Sumber Daya Manusia yang yang memang berkualitas dan bisa diandalkan.

Manfaat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat).

Dalam setiap aktivitas organisasi, lembaga pemerintah atau swasta, atau lainnya pasti memiliki sasaran dan arah yang dituju, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Arah yang dituju merupakan rencana yang dinyatakan sebagai hasil yang harus dicapai.

Manfaat dan dampak yang diharapkan dari pendidikan dan pelatihan harus dirumuskan dengan jelas serta tidak mengabaikan kesanggupan dan kemampuan perusahaan, lembaga, atau sebuah organisasi.

  • Meningkatkan stabilitas pegawai.
  • Memperbaiki cara kerja pegawai.
  • Mampu bekerja lebih efektif dan efisien.
  • Meningkatkan keahlian dan produktifitas kerja.
  • Mengurangi timbulnya kecelakaan kerja.
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab.
  • Meningkatkan semangat dan kecakapan bekerja.
  • Kesempatan untuk mengembangkan diri sendiri dengan mengeluarkan segala potensi yang dimiliki.
  • Mampu melaksanakan tugas dengan baik

Opini Penulis.

Menurut saya sendiri hal-hal seperti memang sangat diperlukan agar para tenaga-tenaga yang menangani bisa lebih tepat dan paham bagaimana pelaksanaan teknis sebuah kebijakan pemerintah. Karena terkadang dulunya masih saja terjadi pemahaman yang keliru, entah karena ketidakpahaman atau karena berdasarkan asumsi pelaksana teknisnya.

Dengan adanya Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Bimbingan Teknis seperti ini. Paling tidak kesemarawutan bangsa kita yang dikarenakan ketidakpahamanan tenaga teknis dalam menjalankankan bisa lebih baik lagi.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger, penulis dan pemerhati topik: general, lifestyle, kesehatan, tekno, SEO, dan banyak lainnya. Seorang ayah dengan 2 anak menuju proses anak ke 3 | www.elkiram.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *