Tips Bikin HP Android Biar Ringan

Tips Bikin HP Android Biar Ringan

Hp android anda berat? Sama dong!. Nggaklah, bukan itu maksud saya bertanya, tapi hanya sekedar basa basi saja memulai tulisan ini. Tapi pernah nggak Hp android kali semakin menjadi berat, lambat dalam memproses, bahkan mungkin bisa benar-benar sampai blank.

Mungkin saya sedikit ada masukan untuk hp android nya menjadi berat setelah semakin lama digunakan.

1.Kalian harus tahu bahwa hp yang kita gunakan itu memiliki batasan sesuai spesifikasi hp nya. Ada yang nama nya RAM atau Random Access Memory. Apa fungsinya? Fungsinya adalah melakukan penyimpanan sementara aplikasi-aplikasi atau software yang dijalankan. Sehingga anda harus tahu batasan nya, jika RAM hp anda kecil sementara ada banyak aplikasi yang harus dijalankan secara bersamaan maka wajar hp menjadi sangat berat.

2.Hardware atau perangkat keras hp yang memang sudah tua, alias hp lama juga menyebabkan hp menjadi terasa berat. Dan kasus ini kayaknya kita harus ganti yang baru kalau pengen yang nyussss… dengan kecepatan maksimalnya.

Dua alasan di atas harus kita pahami agar tidak mudah menyalahkan hal-hal lainnya, karena sebenarnya dua faktor di ataslah yang banyak berlaku di banyak kasus. Barulah mungkin faktor lainnya, seperti: Hp kita terjangkit virus. Bukan virusnya sih menurut saya yang bikin berat, tapi kebanyakan virus itu berjalan/memproses sebuah proses yang menggunakan RAM hp kita. Makanya menjadi berat, dan ini kembali kepada kasus yang pertama.

Berikut adalah tips biar Hp kita menjadi ringan kembali.

Tips Bikin HP Android Biar Ringan

1.Gunakan aplikasi tambahan seperlunya saja, atau kalian bisa melakukan cek penggunaan RAM dari sebuah aplikasi dengan menggunakan aplikasi atau cara lainnya tergantung hp anda.

Pada dasarnya semua smartphone atau gadget yang kita gunakan sudah menjalankan sejumlah aplikasi yang berjalan di belakang layar, tidak terlihat di layar namun dia berfungsi untuk mengoperasikan Hp yang kita gunakan. Sehingga dalam batas RAM yang kita gunakan misalkan 1GB bukan berarti itu murni 1GB RAM kosong, melainkan sudah banyak juga digunakan untuk menjalankan aplikasi belakang layar.

Jika misalkan kita terlalu banyak menggunakan aplikasi tambahan maka sangat memungkinkan menjadi berat. Apalagi jika misalkan aplikasi termasuk aplikasi yang berjalan non stop, seperti aplikasi theme, lampu, dan banyak lagi lainnya yang akan terus melakukan proses selama Hp dalam keadaan hidup.

Alternatifnya hapus aplikasi-aplikasi yang kurang penting atau jarang kita gunakan. Atau kita bisa memilah-milah aplikasi yang hanya akan memakan penggunaan RAM jika misalkan aplikasi itu kita jalan, jika tidak dijalankan maka dia tidak akan memakan batasan RAM Hp kita.

Tips Bikin HP Android Biar Ringan

2.Jangan sembarang pasang aplikasi dan mudah bongkar pasang aplikasi. Kita tidak terlalu paham bagaimana cara kinerja sebuah aplikasi di hp kita, maka cara paling aman jangan suka bongkar pasang aplikasi. Selain rawan akan virus juga mungkin banyak menyisakan file sampah, folder sampah kosong, cache, dll yang memperlambat prosesor hp kita, karena saat melakukan proses harus menjelajahi file-file sampah tersebut.

Hal yang paling banyak terasa akibat suka bongkar pasang aplikasi adalah, proses booting atau view gambar, dll menjadi lambat. Itu karena prosesor harus menjelajahi folder dan file yang ada di hp kita. Dengan banyaknya file dan folder sampah maka itu akan sedikit menguras kinerja prosesor dan banyak menggunakan RAM hp kita.

Yang bisa kita lakukan untuk kasus ini adalah dengan menginstall ulang OS Android kita. Itu pun sebenarnya tidak 100% kembali ke awal, karena prosesor biasanya masih menyimpan data cache. Walau RAM kita mungkin mulai dari awal, tapi prosesor tidak lagi fresh.

Oke! Silahkan Meninggalkan Jejak.

Saya tidak akan membahas panjang lebar, takutnya kalian menjado bosan membaca tulisan saya. Jika ada pertanyaan untuk kita perbincangkan bisa meninggalkan jejak di kolom komentar di bawah. Misalkan bisa saya balas akan saya balas, tapi jika pembahasan terlalu panjang bisa saya bikinkan posting nya untuk keterangan detailnya. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *