Ternyata Customer Base Itu Penting Sebelum Kita Menjalankan Sebuah Bisnis

Ternyata Customer Base Itu Penting Sebelum Kita Menjalankan Sebuah Bisnis

Mungkin sebenarnya bagi kita yang memang awal dalam menjalankan sebuah bisnis sedikit memahami peran penting customer base, namun dalam bahasa yang berbeda dan penjelasan sebuah alasan yang kurang lengkap. Makanya terkadang kita masih mengabaikan atau terabaikan dengan tidak sengaja.

Saya walau ibu saya seorang pedagang, dan saya pun pernah menjadi pedagang. Namun dalam kenyataan nya masih kurang memahami kenapa customer base menjadi sangat penting. Pertama saya memang bukan orang yang secara formal mempelajari manajemen bisnis. Saya tahu betapa pentingnya pelanggan tetap, betapa pentingnya menjalin silaturrahmi, memperbanyak kawan, dll. Karena itu akan sangat berguna dalam bisnis kita. Namun saya belum tahu itulah yang dinamakan membangun customer base atau komunitas pelanggan tetap kita.

Apa itu customer base?

Customer base itu mungkin sebuah target yang akan menjadi pemasaran produk kita. Ada yang mengatakan maksudnya adalah sebuah komunitas yang menjadi pelanggan tetap kita. Namun saya memahami lebih dari itu, dalam bahasa sederhana nya adalah sebuah target bidik pemasaran produk kita. Bisa itu teman-teman, keluarga, sebuah komunitas terkait bisnis kita, atau apapun yang memang bisa kita jadikan target pemasaran produk yang kita miliki.

Misalkan begini: saya adalah seorang santri yang aktif di beberapa pengajian, majelis taklim, dll. Kemudian saya membuka bisnis jual baju koko/busana muslim dan teman-teman kenalan saya sesama anak majelis adalah target pemasaran saya. Inilah yang dinamakan customer base.

Tentu saja setiap bisnis memiliki target pemasaran nya masing. Tidak semua bisnis bisa dipasarkan kepada sebuah komunitas, orang, badan, lembaga, atau apapun itu. Kita harus menyesuaikan antara barang yang akan dipasarkan dengan target pasarkan. Seperti misalkan produk pekakas dapur, bumbu dapur, dll akan sangat identik dengan kaum ibu-ibu, kalau kita tawarkan sama bapak-bapak yang kurang mengerti bumbu dapur seperti saya maka akan lambat lakunya.

Sepenting apa customer base?.

Customer base ini sangat penting, bahkan sebelum kita menjalankan sebuah usaha atau bisnis harusnya kita menyiapkan target pasar kita. Ini agar usaha dan bisnis kita berjalan dengan lancar. Memang belum terlambat jika misalkan kita terlebih dahulu membangun bisnis, sementara customer base nya belum terbangun dengan baik. Kita bisa membangun customer base sejalan dengan usaha dan bisnis yang kita bangun.

Jika kita melihat banyak komentar para pebisnis hebat, kebanyakan mereka memang menyarankan kita membangun customer base sebelum membangun sebuah usaha dan bisnis yang akan dijalankan. Itu menunjukan membangun customer base sangatlah penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *