Tata Cara Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri Hukumnya Sunnah Mu'akkad Untuk Dilakukan.

Shalat Idul Fitri sebenarnya sama saja dengan shalat sunnah lainnya. Hampir tidak ada yang berbeda dengan kebanyakan, hanya saja shlat idul fitri dilakukan secara berjama’ah dan di iringi dengan dua kali khutbah, sebagaimana layaknya kita temukan dalam pelaksanaan shalat Id yang ada di negri kita ini.

Silahkan baca kembali sejumlah rukun shalat yang sudah kami paparkan sebelumnya untuk mengetahui sejumlah rukun utama shalat. Adapun beberapa perbedaan antara shalat wajib, shalat sunnah rawatib, dan shalat lainnya hanya sedikit saja, diantaranya:

Shalat Idul Fitri Dilakukan Dengan Berjemaah.

Tata Cara Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri biasanya dilakukan dengan cara berjama’ah dengan orang banyak, entah itu di tempat lapang, mesjid, surau, atau lainnya. Shalat Idul Fitri juga dilakukan tanpa azdan dan iaqamah, umumnya muadzin hanya akan melafadzkan “Asshalata jami’ah 3x lishalati ‘idil fitri rahimakumullah”.

Sunnah Takbir.

Dalam shalat Idul Fitri setelah imam dan makmum melakukan takbiratul ihram, maka pada raka’at yang pertama di sunnat kan mengucapkan takbir dan mengangkat kembali tangan sebanyak 7 kali berturut-turut, dan pada raka’at kedua sebanyak 5 kali.

Di antara takbir-takbir itu dianjurkan membaca:

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Artinya: “Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang.”

Random Post
1 of 6

Atau boleh juga membaca:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

Setelah takbir tersebut barulah sang imam membaca surat Alfatihah layaknya shalat berjamaah kebanyakan.

Dua Khutbah Setelah Shalat.

Tata Cara Shalat Idul Fitri

Setelah salam, maka makmum tidak dianjurkan tergesak-gesak pulang, melainkan diharapkan diam mendengarkan khutbah. Perbedaan Shalat Id dengan Shalat Jum’at adalah: jika pada Shalat Jum’at biasanya khutbah dilakukan sebelum Shalat, sementara pada Shalat Id khutbah dilakukan justru setelah Shalat selesai.

Hal-hal Yang Dianjurkan Sebelum Melakukan Shalat Idul Fitri.

Tata Cara Shalat Idul Fitri

Ada beberapa hal yang di sunnah kan sebelum melaksanakan Shalat Id, diantaranya:

1.Melakukan mandi. Sunnah hukumnya mandi di hari raya sebelum berangkat melaksanakan Shalat Id.
2.Memakai wangi-wangian, mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya.
3.Makan dan minum sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri juga hukumnya sunnah, sementara sebelum melaksanakan Shalat Idul Adha dianjurkan makan dan minum setelah makan dan minum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.