Generasi Milenial: Tantangan Baru Untuk Generasi Muda Di Tahun 2018 – 2019

Sebuah tantangan kehidupan generasi milenial yang harus kita perhatikan.

Memasuki era milenial yang terus berjalan dengan semua perkembangan nya, tentu saja tantangan yang dihadapi oleh generasi ini sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya, tidak perduli siapa pun anda akan sangat sulit keluar dari tarikan jaman. Tantangan akan terlihat dengan berubahnya trend kehidupan masyarakat, namun kita akan melihat puncaknya nanti entah kapan.

Berikut prediksi kami akan tantangan untuk generasi milenial:

Ekonomi/Finansial.

Generasi Era MilenialKehidupan ekonomi masyarakat akan semakin bergerak dengan sangat dinamis. Pergerakan dan pergeseran dikarenakan adanya persaingan, sehingga pelaku usaha dan bisnis terus melakukan inovasi untuk memajukan usahanya. Bagi mereka yang kurang mampu berinovasi maka imbasnya bisa kita tebak, kalah dalam persaingan akan menjadi sebuah hal yang mudah saja kita tebak.

Sementara sejumlah sektor usaha juga masih dipegang oleh generasi lama, itu juga memaksa generasi baru harus lebih pintar memanfaatkan peluang usaha. Dampak yang bisa kita rasakan sedini mungkin adalah munculnya komersialisasi. Banyak yang dulunya tidak terpikirkan untuk menjadi lahan usaha dan bisnis, namun kini memasuki era milenial itu berubah menjadi lahan basah sejumlah orang.

Pemasukan dan pengeluaran biaya hidup tetap kembali kepada individual kita masing-masing. Kearifan generasi lama akan sangat berpengaruh besar. Namun kita juga tidak bisa memungkiri jika biaya hidup akan terus membengkak, contoh sederhana yang biasa tidak ada biaya parkir kemungkinan harus mengeluarkan anggaran itu karena sejumlah lahan parkir dimanfaatkan oleh sejumlah kalangan untuk dijadikan lahan basah memperkuat finansial mereka.

Hal yang wajar dan sangat lumrah terjadi pemanfaatan sejumlah peluang usaha yang terjadi karena tuntutan kehidupan.

Ada 3 sektor usaha dan bisnis yang bisa kita manfaatkan karena sangat memungkinkan untuk terus berkembang:

Random Post
1 of 10
  1. Industri creative.
  2. Perdagangan.
  3. Jasa.

Ke 3 sektor di atas akan sangat mungkin bertahan dan berkembang lebih pesat di era milenial. Ke 3 sektor di atas juga usaha dan bisnis yang paling real untuk dijalankan oleh generasi muda, entah secara individual maupu kelompok usaha. Ini bukan berarti sektor lain tidak bisa diusahai. Namun 3 sektor tersebut akan semakin berkembang di era milenial ini.

Sosial, Budaya, Agama, Dan Kearifan Lokal.

Di era milenial hal ini harus kita perhatikan karena tantangan nya tentu akan sangat berat dengan seiring derasnya kafitalisme, materialisme, dll.

Budaya dan kearifan lokal yang menjadi dasar kehidupan sosial masyarakat kita hendaknya jangan sampai ikut tergerus. Ini akan menjadi tantangan untuk kita yang hidup di era milenial. Bagaimana caranya mempertahan nilai-nilai kehidupan sosial yang diwariskan oleh pendahulu kita, soal budaya, kearifan lokal, hingga nilai suci sebuah ajaran agama. Jaman sampai karena kehidupan modern kita menabrak hal-hal tersebut.

Kita boleh saja berinovasi, melakukan perubahan beradaban, dll. Namun jangan sampai mengorbankan nilai-nilai kerifan yang telah diletakan oleh para pendahulu kita. Disinilah yang kami maksud sebuah tantangan nya. Menyelaraskan antara kehidupan modern era milenial dengan nilai-nilai yang sudah diwariskan oleh pendahulu kita.

Era Kebebasan Jangan Sampai Kebablasan.

Ada yang bilang di era milenial menjadi pintu gerbang era kebebasan manusia. Sebuah peradaban memang berusaha dibangun oleh sejumlah anak muda. Banyak hal baru yang memang harus kita perhatikan. Termasuk keterbukaan informasi melalui internet yang di sokong oleh teknologi modern semisal komputer dan gadget.

Internet yang kita kenal mulai semakin bebas dengan semakin menyebar dan meratanya penggunaan jaringan internet tersebut. Usaha dan bisnis semakin masuk jauh di dunia berbasis digital tersebut. Arus informasi yang sulit dibendung, dan bahkan hampir-hampir tak terfilter lagi. Kehidupan sosial masyarakat tentu sedikit banyak terpengaruh, khususnya kehidupan generasi mudanya. Seolah terbebas dari jarak dan waktu, ere milenial menawarkan sebuah kehidupan bebas yang harus kita kawal agar jangan sampai kebablasan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.