Resep Sambal Terasi Atau Sambal Acan Ala Bapak-Bapak

Resep sambal terasi yang layak untuk di coba, apalagi cara pembuatan nya juga cukup sederhana.

Sambal pedas memang enak dan makin enak jika disajikan beserta lalapan, sayuran, ikan, dll saat sedang menyantap makanan. Penulis adalah salah satu pecinta sambal pedas, makanya jangan heran kalau penulis juga jago bikin sambal pedas emak-emak. Siapa bilang laki-laki nggak bisa bikin sambal, bahkan istri penulis saja penulis yang ngajarin bikin sambal yang uenak binggo.

Bahan-Bahan Yang Digunakan.

Untuk bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana saja, nggak perlu repot nyari yang susah.

  1. Bawah merah 2-3 butir atau secukupnya tergantung berapa banyak bikin sambalnya.
  2. Cabe rawet secukupnya, makin banyak makin pedas, jika untuk ukuran 10-20 bijian cabe rawet cukup tuh 2-3 biji bawang merah.
  3. Tomat 1 biji sedang atau 1,5 biji paling banyak. Bisa juga menggunakan bahan lain, seperti jeruk, asam mangga, asam binjai, belimbing. Kalau penulis lebih sering menggunakan tomat.
  4. Gula aren atau gula jawa secukupnya, bisa ditambah jika dirasakan kurang.
  5. Garam secukupnya, juga tergantung selera.
  6. Terasi udang juga secukupnya, jangan banyak-banyak seujung kuku juga cukup atau kalau terasi yang bungkusan kecil itu dibagi 4, ambil ¼ – ½ nya saja.

Ya iyalah sederhana, namanya juga bapak-bapak nggak mau ribet dengan bumbu dapur. Tapi nggak kalah koq kalau udah jadinya, berani di adu dengan sambal bikinan emak-emak.

Cara membikin nya juga sangat sederhana.

Tumis cabe rawet, bawang merah, dan tomat setengah matang. Jangan sampai gosong, dikira-kira tomatnya melunak layu sama bawangnya. Di panggang juga boleh bawang merahnya, sampai keluar aroma harumnya. Hati-hati saat menumis cabe rawet nya yah!! Kodo pelatik kena muka loh nantinya, bahaya tuh hehe.

Random Post
1 of 5

Panggang teras ke api atau bara api, tapi jangan sampai gosong. Kira-kira mengeluarkan aroma menyengatnya. Bukan cuman ceritanya nih, tujuan nya biar aroma dan rasanya keluar begitu.

Semua bahan seperti cabe rawet, bawang merah, tomat, dan terasi yang sudah dimasak di tumis, dan di panggang. Campur semuanya pada cobek/ulekan yang sudah di sediakan sebelumnya. Kemudian ulek-ulek pelan hingga menyatu semuanya.

Masukkan gula aren atau gula jawa, kalau di tempat penulis dinamakan gula merah. Irisi tipis, biar mudah nguleknya dengan takaran secukupnya. Masukkan juga garam secukupnya, kemudian ulek lagi hingga menyatu semua. Bisa di coba rasanya biar tau sudah pas belum gula aren sama garamnya.

Selesai bapak ibu!!! Takaran bisa disesuaikan ya, jangan terpaku pada daftar yang saya tulis. Karena selera orang beda yah! Bawah merah sama tomatnya jangan kebanyakan entar kalah lagi rasa pedasnya, kalau cabenya yang kebanyakan malah asik makin pedas tuh. Sementara gula sama garam kalian coba saja sekira rasanya pas menurut lidah kalian.

Itu tadi cara bikin sambal terasi atau sambal acan ala kami dengan bahan yang sederhana, kalau mau yang lebih komplit bisa nyamperin saya kerumah hahaha atau beli yang sudah di kemas. Ada banyak, penulis juga jualan sambal terasi dengan harga bersaing untuk ukuran wadah kecil, tapi bukan bikinan penulis. Melainkan produk kawakan di daerah penulis, sambalnya terkenal maknyus, ya tahulah kalau kita pecinta sambal, mana yang maknyus dan mana yang nggak.

Yang mau coba, bisa mesan sambal pedas terasi yang penulis jual di tokopedia, biar gampang atau langsung mesan melalui halaman ini. Entar penulis kirim dah pakai jasa pengiriman. Harganya murah meriah saja, cuman Rp.20.000. Silahkan yang mau mesan ya!! Ada 5 pilihan rasa, rasa ramania, mangga, limau, binjai, sama terong asam.

Pesan Sekarang

Leave A Reply

Your email address will not be published.