Rekomendasi Distro Linux OS Untuk Pemula

Bicara soal distro linux tentu banyak macamnya. Distro ini saya rekomendasikan untuk pemula.

Bagi kamu yang mungkin terbiasa dengan system operasi komputer berbasis windows mungkin akan merasa kebaratan jika misalkan harus menggunakan OS yang lain, khususnya yang berbasis linux. Padahal dalam kenyataan OS berbasis linux cukup nyaman untuk kita gunakan. Kalau hanya untuk keperluan dasar seperti menulis, browsing di internet, edit gambar sederhana, dll yang mungkin dibutuhkan untuk keseharian, sepertinya linux cukup lengkap.

Sebelum kita membhas sejumlah OS komputer alternatif pengganti windows, ada baiknya kita kenali dulu apa saja kelebihan komputer berbasis linux?.

1.Linux itu bersifat free dan open source.
2.Linux akan sangat mudah beradaptasi dengan pemiliknya, karena kita bisa menentukan sesuai dengan kebutuhan kita.
3.Linux itu sederhana, bisa kita katakan dia manut saja apa kata kita.

Yang paling saya sukai adalah free dan open source. Dengan itu kita tidak harus selalu menggunakan software bajakan yang sangat mungkin terkontaminasi dengan virus, malware, dan hal-hal yang sebenarnya tidak kita inginkan.

Hal kedua adalah: saya suka karena free dan bersifat open source sehingga kita mudah saja menentukan dengan menyesuaikan kebutuhan kita. Walau pun bersifat open source dan gratis, namun sejumlah software dukungan banyak loh dikembangkan oleh para pengembang diluar sana.

Hal lain yang menarik adalah: kita memiliki banyak pilihan system operasi yang akan digunakan. Dari yang sangat minimalis hingga yang kelas berat. Kalau misalkan speck hardware komputer kita minim maka kita juga bisa menggunakan system operasi linux yang sangat ringan. Ada banyak pilihan untuk itu.

Distro Linux Yang Direkomendasikan Untuk Pemula

Berikut sejumlah OS linux yang bisa dijadikan alternatif pengganti windows;

1.Ubuntu.
2.Elementary.
3.Debian.
4.Arch linux.
5.Lubuntu.
6.Xubuntu.
7.Zorin OS.
8.Deepin OS.
9.Kali linux.
10.Dll.

Wow terlalu banyak OS berbasis linux yang pupoler digunakan oleh linux mania. Bahkan mungkin ada banyak lagi yang saya belum tahu, dan belum saya coba. Daftar di atas hanya gambaran saja, bahkan masih banyak yang belum saya tulis.

Dari sekian banyak Os linux kira-kira mana yang di rekomendasikan oleh banyak kalangan?

Ubuntu.

Distro Linux Yang Direkomendasikan Untuk Pemula

Os linux ubuntu bisa kita katakan yang paling pupoler dikalangan pengguna linux. Makanya sangat wajar kalau misalkan tutorialnya cukup mudah kita temukan disejumlah laman situs. Ubuntu sendiri sebenarnya masih turunan nenek moyang nya linux yakni debian.

Ya debian? Kenapa?

Debian itu banyak melahir OS berbasis linux loh! Salah satu yang menjadi turunan nya langsung adalah ubuntu. Dari ubuntu inilah kemudian melahirkan OS lainnya semisal; lubuntu, xubuntu, elementary, dll. Karena satu turunan lah maka kebanyakan teknik dasar penggunaan linux serupa, seperti perintah-perintah diterminal, dan banyak konfigurasi lainnya.

Random Post
1 of 3

Sejumlah software linux biasanya dikembangkan dalam bahasa program debian, makanya banyak software yang bisa dijalankan dibanyak OS turunan nya termasuk ubuntu, atau turunan ubuntu seperti elementary, dll.

Alasan pertama kenapa ubuntu di rekomendasikan oleh banyak kalangan, itu karena OS ini memang banyak digunakan. Banyak yang menggunakan makanya banyak juga sejumlah panduan yang dibahas oleh mereka yang memang sudah berpengalaman menjalankan OS ini. Anda tidak usah khawatir jika menemukan masalah saat menjalankan nya. Dengan mengetik kata kunci permasalahan anda saja di internet, maka akan sangat mudah menemukan penjelasan nya.

Pada dasarnya semua turunan ubuntu sangat di rekomendasikan untuk siapa saja. Karena memang akan sangat mudah untuk digunakan, bukan hanya untuk yang sudah mahir melainkan untuk para pemula juga.

Rekomendasi linux untuk pemula

Beberapa turunan ubuntu, seperti;

1.Linux ment.
2.Linux lite.
3.Elementary.
4.Zorin Os.

Anda bisa memilih sesuai selera dan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Ada baiknya mencoba-coba untuk memahami perbedaan semua OS yang ada, dengan begitu kita bisa lebih tahu mana yang akan digunakan.

Deepin OS.

Distro Linux Yang Direkomendasikan Untuk Pemula

Salah satu distro yang masih turunan debian adalah Deepin OS. Distri linux ini akan sangat saya rekomendasikan karena tampilan nya nggak kalah dengan OS sebelah kanan dan sebelah kiri lainnya.

Bahkan artikel yang kalian baca ini saya tulis menggunakan Deepin Os. Saya tertarik kala melihat tampilan nya yang cukup modern. Makanya saya pu merekomendasikan nya, khususnya bagi kalangan pemula yang barusaha migrasi ke linux.

Untuk tampilan distro linux yang ini memiliki DE yang cukup modern. Apalagi kalau misalkan melihat tampilan dock yang mirip ala-ala OS sebelah sana. Jangan salah! Mungkin orang awam tidak akan menyangka bahwa komputer kita menjalankan OS linux didalamnya. Kemudahan mengoperasikan linux dengan dukungan DE modern akan membuat kita lebih nyaman untuk beberapa aktivitas harian.

Distro ini juga saat pertama kali di install sudah menyertakan sejumlah software yang digunakan dalam keseharian kita, semisal untuk menulis, memutar video dan mp3.

Distro Linux Yang Direkomendasikan Untuk Pemula dan yang sudah mahir

Distro ini juga memiliki app store sendiri loh! Jadi kita bisa install sejumlah software yang kita butuhkan hanya dengan menjelajahi app store nya. Cukup lengkap, bahkan sejumlah software kelas berat semisal android studio dan software buat pengembangan lainnya sudah ada disini. Sementara untuk uninstall kita cukup klik kanan maka ada menu untuk uninstall aplikasi, mudah bukan?.

Makanya rekomendasi lah untuk distri linux yang satu ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.