Potensi Wisata Alam Gunung Meratus, Bebaskan Dari Ancaman Tambang

Potensi Wisata Alam Meratus, Bebaskan Dari Ancaman Tambang.

Keindahan alam yang tuhan berikan kepada kita bukanlah keindahan isapan jempol, namun sayangnya sebenarnya kitalah yang kurang pandai dalam merawat, menjaga, dan memanfaatkan nya dalam kehidupan kita. Meratus misalnya adalah pegunungan tinggi yang ada di pulau Kalimantan, keindahan alamnya adalah surga bagi sejumlah satwa liar dan penduduk lokal yang hidup bersandar dari alam.

Namun sayangnya keindahan alam nya yang begitu menakjubkan belakangan semakin terusik dengan aktifitas pertambangan yang terus meluas dalam mengeruk perut bumi Kalimantan ini. Ekosistem alam terancam, sementara gunung-gunung berubah menjadi danau-danau tentu bukanlah hal yang di inginkan oleh sebagian kalangan.

Kita bukan nya menolak tambang, karena kami juga tahu potensi tambang. Namun alam adalah anugerah tuhan yang harus kita jaga bersama bukan hanya untuk generasi kita tapi juga generasi sesudah kita, bukan hanya untuk manusia namun juga makhluk tuhan lain. Dengan tambang mungkin kita bisa banyak menghasilkan namun seberapa lama? Sampai perut bumi habis kita ambil dan generasi sesudah kita sibuk dengan dampak negatifnya. Atau dengan cara lain kita kembangkan, seperti terus mengembangkan potensi wisata alamnya hingga anak cucu kita bisa menikmatinya.

Wisata Alam Pegunungan Meratus Itu Menakjubkan.

Hutan Karst Pegunungan Meratus

Bagi anda yang belum pernah menapak-kan kaki di sana mungkin bertanya apa indah alam hutan tropis Kalimantan itu? Atau mungkin anda hanya membayangkan hutan lebat yang menyeramkan.

Kalimantan sudah sejak lama dikenal dengan istilah “Zambrut Katulistiwa” untuk menggambarkan betapa indahnya hutan tropis tersebut. Ada banyak satwa liar yang hidup disana, ada banyak daerah yang memukau disana, asri dan alami walau tanpa sentuhan tangan manusia namun alam menampakan keindahan nya. Dari daerah berair yang kita kenal rawa hingga wilayah Karst yang ada di pegunungan Meratus.

Mari Kita Jaga Untuk Anak Cucu Kita Dengan Potensi Wisata Alamnya.

Wisata Alam Gunung Meratus

Dibalik indahnya alam pegunungan meratus tentu bukanlah hal mudah menjaga, merawat, dan memanfaatkan potensi alamnya. Butuh kerja sama banyak pihak, butuh kepedulian banyak kalangan agar alamnya tidak rusak. Sebagaimana yang sering disuarakan oleh banyak pecinta alam Kalimantan #Savemeratus untuk anak cucu kita.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger yang perduli dengan nilai-nilai sosial sebuah kehidupan masyarakat. Konsisten dalam menulis, dan siap belajar dari siapa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *