Persiapan Dasar Pembuatan Website Dan Blog

Saat kita ingin membuat sebuah website ada baiknya kita pelajari dahulu sejumlah persiapan apa saja yang dibutuhkan.

Website menjadi sesuatu yang bukan lagi sesuatu yang aneh di era digital seperti sekarang. Banyak hal yang kemudian membuat banyak kalangan memutuskan untuk menerbitkan situs mereka sendiri. Trend pembuatan sebuah website bahkan mulai merambah pada sektor usaha dan bisnis kecil hingga jasa.

Namun apa saja persiapan dasar sebelum kita membuat situs?

Tentu saja sebuah persiapan tidak bisa kita abaikan begitu saja jika menginginkan untuk hasil yang maksimal. Keberhasilan terkadang ditentukan dengan rencana yang matang dan pertimbangan yang terukur dengan baik.

Karena kami melihat masih banyak kalangan yang sedikit salah menempatkan hal-hal mendasar sehingga kemudian pada akhirnya menemukan kesulitan dalam mengerjakan langkah-langkah selanjutnya. Kami membahasnya agar ini jangan diperhatikan buat pertimbangan kedepannya, semoga saja memberikan banyak manfaat, bukan hanya kepada kami namun juga kepada pembaca setia kami yang banyak bertanya secara personal ke kontak-kontak kami.

Sebuah website bediri diatas dua hal mendasar, domain dan hosting. Setidaknya begitulah kenyataan nya yang terjadi. Domain adalah alamat url yang akan mengarahkan setiap pengunjung ke konten yang mereka inginkan. Sementara hosting layaknya komputer online yang akan menampung semua file dan konten yang akan diakses oleh siapa saja atau user pengguna.

Namun ini tidaklah semudah yang dibayangkan oleh kita. Ini juga tidaklah serumit yang banyak dikatakan oleh banyak kalangan. Kita hanya membutuhkan persiapan yang sederhana sesuai dengan kebutuhan.

Memilih Domain.

Persiapan Dasar Pembuatan Website

Memilih nama domain sesuai nama branding kita, sesuai dengan tujuan dan topik yang ada. Jika kita memang serius ingin membuat sebuah situs untuk usaha, personal kita, perusahaan yang kita dirikan. Maka memilih nama domain akan menjadi sangatlah penting.

Ketepatan kita dalam memilih domain nyata akan mempengaruhi kinerja kita dikemudian hari nanti. Jika misalkan kita sudah memiliki nama branding sendiri, maka ada baiknya kita sesuaikan dengan nama branding yang kita miliki. Minimal mendekati dengan nama branding yang sudah ada, ini akan membuat sebuah halaman nampak lebih profesional dan mudah di optimasi kemudian harinya.

Nama domain yang baik juga tidaklah harus panjang, namun lebih mudah dingat oleh orang lain. Nama domain yang panjang justru akan menyulitkan orang lain mengingatnya. Lihat saja domain-domain yang sangat pupoler dikehidupan kita semisal: google.com, facebook.com, bukalapak.com tokopedia.com, kaskus.com, dan banyak lagi lainnya yang bisa kita katakan menggunakan domain sederhana, ringkas, padat, namun mendeskripsikan branding mereka.

Begitu juga sejumlah perusahaan ternama semisal: nama Bank Nasional Indonesia yang disingkat BNI hanya menggunakan domain bni.co.id sebagai domain Indonesia. Atau nama perusahaan BUMN kita layaknya pertamina.com, dll. Nama-nama yang sangat menggambarkan branding mereka, bahkan itu memang nama perusahaan tersebut.

Memilih Layanan Hosting Yang Berkualitas.

Pembuatan Website Dan Blog

Random Post
1 of 12

Jangan mencoba-coba dengan kualitas sebuah hosting jika kita sudah serius menggarap sebuah website, walau itu hanya situs kecil. Karena dampaknya akan sangat besar. Soal keamanan layanan, soal kelancaran jika misalkan suatu saat situs kita terjadi masalah.

Kita bisa mengambil sewa hosting vps atau membuat sendiri server sendiri. Agar data-data yang ada didalamnya terjamin keamanan nya, terjamin kelancaran nya, dan terjamin support dari penyedia layanan nya.

Hosting ini bisa kita katakan fondasi dasar bangunan situs, tentu yang namanya fondasi haruslah berkualitas baik. Karena disanalah kita akan menyimpan semua file dan data website kita, baik atau buruknya kita memanagemen website kita dipengaruhi besar dengan apa yang ada didalam hosting tersebut. Semisal data pelanggan kita yang terekam melalui website kita, dan banyak lagi lainnya. Kita tidak ingin bukan? data penting tentang pelanggan bocor atau hilang begitu saja karena kualitas layanan hosting yang asal-asalan.

Alhasil ..

Sebelum kita bicara lebih jauh membangun sebuah website maka ada baiknya kita perhatikan dengan semaksimal mungkin dua alat utama tersebut. Saya pernah menemukan sebuah kasus dimana ada sebuah toko online yang merasa sangat dirugikan kala mana hosting yang disewanya dari penyedia hosting mengalami masalah, sementara file back-up nya pun sangat sulit didapatkan. Padahal data-data member yang menjadi pelanggan nya semua ada disana. Bayangkan saja betapa susahnya membangun sebuah toko online, membangun branding dan kepercayaan pelanggan kemudian harus memulai dari awal hanya karena semua datanya hilang dan rusak.

Menggunakan Platform Website.

Penjelasan Singkat Komputer Dan Sistem Informasi

Sekedar tambahan saja, selain domain dan hosting kita juga ada baiknya menentukan pilihan platform apa yang akan digunakan dalam membangun sebuah website. Apakah menggunakan platform sendiri atau menggunakan platform yang bersipat open source.

Jika kita menggunakan jasa pembuatan website, ada baiknya menanyakan platform apa yang digunakan? Apakah platform sendiri yang dikembangkan oleh penyedia jasa pembuatan website atau menggunakan platform open source?.

Ada banyak platform yang bisa kita gunakan, dari yang bersipat gratis hingga berbayar lisence nya. Untuk platform yang banyak digunakan oleh banyak kalangan pengembang saya sarankan, hal ini memudahkan kita dalam mempelajarinya. Biasanya platform yang memang sudah cukup pupoler akan sangat mudah kita temukan sejumlah tutorialnya, sehingga jika seandainya kita menemukan permasalahan akan mudah menemukan jalan keluarnya.

Desain Website Yang Menarik.

Persiapan Dasar Pembuatan Website Dan Blog

Desain yang menarik sebenarnya bisa kita tentukan nanti namun ada baiknya jika kita tentukan sejak awal bagaimana desain yang kita inginkan. Mengingat ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan maka ada baiknya kita pelajari bagaimana desain sebuah situs yang baik, tentunya sesuai dengan tema website yang kita bangun.

Tidak semua desain situs itu cocok untuk digunakan, terkadang kita harus menyesuaikan dengan tema yang diusung oleh situs tersebut. Misalkan untuk situs perusahaan baiknya menggunakan yang bagaimana, sementara untuk situs jual beli dan blog yang bagaimana. Tentu ada perbedaan karena harus menyesuaikan dengan tema yang kita usung, misalkan seputar gadget mungkin akan sedikit berbeda dengan yang seputar otomotif.

Begitulah kira-kira gambaran persiapan sebelum memutuskan membuat sebuah situs. Kami tidak ingin menggurui anda, jika anda tertarik silahkan saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.