Perkara Yang Membatalkan Puasa

Pembatal-pembatal puasa yang ijmak para ulama didalamnya, diantaranya makan dan minum, serta berhubungan badan suami istri.

Lagi puasa bro? Tapi udah tahu belum syarat rukun, dan pembatal puasa itu apa saja? Jangan kayak tetangga ane noh kagak puasa karena kagak sahur katanya. Dia kira kalau nggak sahur nggak boleh puasa kali ya? Hehe

Jangan juga kayak anak ane yang baru umur 5 tahun, bikin ane ngakak ketawa. Katanya mau puasa, eh dekat zduhur dia makan karena kelupaan. Yah!! Malah diterusin ajah sekalian terlanjur batal katanya. Gimana nggak bikin ane ketawa, ada ajah alasan nya. Maklum anak-anak juga, kita nggak harus keras-keras juga kayaknya mendidiknya.

Akan sangat disayangkan kalau misalkan sudah gede namun belum juga memahami sejumlah syarat, rukun, dan sejumlah pembatal puasa. Puasa termasuk rukun Islam loh! Masa soal puasa masih banyak yang kurang update begitu, kalau belajar sholat wajib maka belajar puasa juga sama wajibnya. Atau karena puasa nggak setiap hari makanya masih banyak yang salah menangkapnya tentang sejumlah perkara yang ada pada puasa? Semoga saja nggak deh.

Perkara Yang Membatalkan Puasa

Yang membatalkan puasa diantaranya:

1.Memasukan benda kedalam lubang yang ada di anggota tubuh kita dengan sengaja, yang mana lubang tersebut bersambung (mutasil) sampai ke lambung kita.

Contohnya: Makan dan minum dengan sengaja. Makan dan minum menjadi salah satu yang membatalkan puasa karena jelas memasukan suatu benda ke dalam lubang mulut kita.

Bukan hanya makan dan minum, bahkan memasukan obat melalui dubur juga bisa termasuk yang membatalkan puasa jika dilakukan dengan sengaja. Termasuk kentut dalam air juga ada yang bilang membatalkan puasa, alasan nya saat kita kentut atau keluarnya angin maka saat itu juga air akan masuk ke dalam. Mungkin semisal benda yang didalamnya ada angin kali yah? Kalau anginnya keluar maka air yang masuk kedalam.

Perkara Yang Membatalkan Puasa

Sebenarnya kentut dalam air itu batal hanya sebuah pernyataan kehati-hatian. Sulit juga sebenarnya untuk kita memastikan apakah memang ada air yang masuk saat kita kentut didalam air. Namun menjaga-jaga ada baiknya jangan kita lakukan, lagian kentut didalam air hukumnya makruh.

Selama tidak ada suatu benda yang masuk kedalam lubang yang sipatnya mutasil bersambung atau tembus hingga lambung kita, sebenarnya nggak masalah sih. Karena yang membatalkan puasanya masuk benda dari lubang yang ada dianggota tubuh kita, dan mutasil.

Tapi kalamu misalkan kita lupa, tidak sengaja maka tidak malasah juga. Misalkan di hari pertama kita puasa karena belum terbiasa, maka kelupaan hingga akhirnya makan tengah hari. Eh setelah selesai makan barulah ada yang mengingatkan, maka alhamdulillah lanjutkan saja puasanya.

2.Berhubungan Seksual.

Melakukan hubungan seksual antara suami dan istri juga termasuk yang membatalkan puasa. Seorang muslim yang pada malam harinya sudah berniat puasa, namun pada siang harinya melakukan hubungan seksual maka hukumnya haram dan batal puasanya.

Perkara Yang Membatalkan Puasa

Random Post
1 of 6

Bukan hanya itu, bahkan mereka yang melakukan nya diwajibkan membayar kifarat (denda).

Adapun denda yang harus dibayar adalah:
1.Memerdekaan budak wanita.
2.Jika tidak ditemukan nya budak wanita, maka wajib membayar dengan berpuasa selama 2 bulan diluar bulan ramadhan secara berturut-turut.
3.Jika misalkan tidak mampu, maka bisa dengan membayar fidyah kepada 60 orang fakir miskin, dan setiap orang mendapatkan satu mud zakat fitrah.
4.Jika seandainya juga tidak mampu, maka kewajiban tetap ada sampai dia memiliki kemampuan.

3.Keluar air mani dengan sengaja.

Ini akan sedikit membedakan dengan hubungan seksual. Keluar air mani dengan sengaja bisa dikarenakan bersentuhan suami istri (bermesraan) namun belum sampai kepada tahap berhubungan badan, atau dengan mastur basi, dll. Namun jika tidak sengaja semisal bermimpi, maka tidak mengapa.

Perbedaan nya dengan berhubungan badan adalah yang ini kita tidak diwajibkan membayar kifarat, hanya wajib mengqadha puasa yang sudah batal tersebut.

4.Muntah dengan cara disengaja.

Muntah jika dilakukan dengan sengaja juga termasuk yang membatalkan puasa. Jadi jangan coba-coba melakukan sesuatu yang menyebabkan muntah, karena itu akan membatalkan puasa kita. Lain ceritanya karena tidak disengaja, misalkan muntah karena sedang dalam keadaan sakit.

5.Haid, nifas, gila, dan murtad.

Haid dan nifas bagi seorang wanita juga batal puasanya, dan wajib membatalkan diri dari puasa dengan cara seperti: makan atau minum. Bagi wanita yang sedang haid atau nifas haram hukumnya mengerjakan ibadah puasa, karena itulah jika saat dia sedang berpuasa kemudian datang bulan (haid) wajib baginya membatalkan dirinya dari berpuasa.

Gila juga termasuk yang membatalkan puasa, begitu juga orang yang murtad saat dia sedang berpuasa maka puasanya menjadi batal dengan sendirinya.

Perkara-perkara yang tidak membatalkan puasa.

Sementara itu ada sejumlah perkara yang rada-radanya seperti membatalkan puasa namun tidak semisal mencicipi rasa masakan. Dengan cara menyentuhkan jemari ke masakan kemudian meletakan nya di ujung lidah, maka ini boleh dan tidak membatalkan puasa. Karena belum termasuk memasukan beda ke dalam rongga mulut kita.

Perkara Yang Tidak Membatalkan Puasa

Jadi buat ibu-ibu yang sedang memasak buat menu buka puasa boleh saja melakukan nya asal jangan ditelan saja. Kalau ditelan apalagi sampai satu sendok itu lain cerita lagi. Udah termasuk yang membatalkan puasa.

Semoga ini bermanfaat bagi kita semua, salah khilaf saya penulis meminta maaf yang sebesarnya, selain itu saya juga ingin mengucapkan “Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan nya”.

Leave A Reply

Your email address will not be published.