Penjelasan Singkat Komputer Dan Sistem Informasi

Di era sekarang mungkin kalian pernah dengar tentang istilah “komputerisasi”, yaitu tentang sebuah perubahan metode kerja yang dahulu awalnya di lakukan dengan cara tradisional menjadi sebuah sistem kerja komputer. Perkembangan tersebutlah yang kemudian di kenal dengan istilah “komputerisasi”.

Hal tersebut dikarenakan perkembangan komputer dari masa ke masa semakin meningkat dengan pesat. Komputer bahkan belakangan menjadi salah satu alat bantu manusia yang paling banyak di gunakan. Dari kerja kantoran biasa, hingga kebutuhan medis dan produksi juga banyak menggunakan sistem komputer. Sebelum kita membahas jauh tentang komputer atau dunia informasi, ada baiknya kita mengenal lebih jauh terlebih dahulu penjelasan terkait hal-hal tersebut.

Apa komputer ?.

Komputer adalah istilah yang berasal dari “Compute” dan berasal juga dari bahasa latin “Computare” yang artinya menghitung. Secara umum komputer terbagi menjadi dua bagian utama, bagian perangkat lunak dan perangkat keras.

Adapun perangkat keras adalah susunan komponen fisik komputer yang bisa kita lihat, komponen ini berbentuk komponen elektronika seperti mesin yang terdiri dari CPU ( Central Processing Unit ), input ( keyboard, mouse, dll ) dan output ( monitor, printer, dll ). Perangkat keras juga ada yang menamakan mesin pengolah insturksi atau data.

Sedangkan perangkat lunak sendiri berbeda dengan perangkat keras. Perangkat lunak tidaklah berbetuk fisik. Perangkat lunak adalah data yang mengatur perangkat keras untuk menjalankan sebuah perintah atau sesuatu yang akan menghasilkan. Perangkat lunak berbenduk susunan komponen digital yang hanya berupa sederit kode program untuk menjalankan perangkat lunak.

Perangkat lunak atau perangkat keras inilah yang kemudian menjadi satu kesatuan unit yang dinamakan komputer. Jadi komputer memang terdiri dari dua kesatuan tersebut, hardware dan software. Secara sederhana cara kerja komputer menjalankan intruksi atau perintah data, dan kemudian mengolahnya untuk mendapatkan sebuah hasil yang di inginkan. Kalian bisa melihat datanya seperti gambar di bawah jika saya tidak lupa melampirkan nya.

Berdasarkan cara kerja tersebutlah kemudian komputer terus berkembang berdasarkan kebutuhan. Bahkan belakangan sistem kompuet semakin berkembang fisik dan non fisiknya berdasarkan tujuan di buatnya. Destop dan laptop adalah komputer yang kita kenal, namun sebenarnya banyak hal lain yang mengadopsi sistem komputer di sekitar kita.

Sistem komputer adalah kumpulan intruksi perintah yang saling mendukung dan bekerja sama menghasilkan sebuah pengolahan secara kompleks. Sistem komputer yang saya maksud adalah sebuah proses kerja yang memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghasilkan sebuah informasi yang di butuhkan.

Informasi sendiri adalah sebuah hasil atau sekumpulan data yang memiliki maksud serta tujuan yang mampu memberikan keterangan secara akurat. Jika kita kaitkan informasi dengan komputer maka saya bisa mengatakan bahwa informasi adalah hasil pengolahan data dari sistem komputer yang mungkin di butuhkan oleh pengguna atau user. Sementara kumpulan dari hasil informasi yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain di sebut sistem informasi. Sistem informasi berbasis komputer banyak kita temukan dalam manajemen, manufaktur, retail, dll.

Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat buat kalian, salam hangat selalu dari saya Ais elkirami.

Leave A Reply

Your email address will not be published.