Pengertian SEO Dan Memahami Konsep Optimasi Website

Mempelajari tentang SEO dari dasar adalah langkah tepat untuk memamahami bagaimana menjalankan strategi optimasi mesin pencarian.

SEO? Emang apa itu SEO? Mungkin orang baru akan bertanya apa itu, dan dalam benak mereka kalau kita akan menjawab bahwa SEO terkait besar dengan dunia internet adalah code yang rumit atau sejenisnya. Sebenarnya tidak jadi masalah kalau misalkan kita memahami bagaimana konsep yang cukup sederhana. Hanya saja kita butuh ketelatinan dalam mengerjakan nya, karena ini adalah kerja dalam jangka lama bukan sementara dan lansung jadi.

SEO adalah search engine optimization atau optimisasi mesin pencarian. Loh! Terus apa hubungan nya dengan website kita, atau jangan-jangan ini sejenis hacker begitu ya? Yang berusaha membobol mesin pencarian dan memanipulasi mesin pencarian untuk kepentingan kita.

Bukan? Otak kita nggak bakalan nyampai kalau harus menjebol mesin pencarian, apalagi mesin pencarian Google yang tingkat kecanggihan dan keamanan luar binasa, eh luar biasa maksud saya. Kalau upaya untuk memanipulasi mesin pencarian untuk kepentingan kita memang iya.

Memanipulasi disini maksudnya adalah bagaimana cara kita mengupayakan posisi website kita dimesin pencarian. Bahkan jika memungkin posisi website kita berada pada posisi top search untuk kata pencarian tertentu. Ini akan sangat menguntungkan jika misalkan kita bisa melakukan nya. Bayangkan saja jika misalkan kita bisa memposisikan website kita pada beberapa kata kunci potensial yang banyak dicari oleh orang lain.

Just info! Kita tidak mungkin mengotak-atik mesin pencarian, karena tentu saja mereka punya algoritma sendiri, mereka juga punya system yang yang akan mengatur posisi sebuah konten online.

Lalu bagaimana cara kita memanipulasi agar website kita bisa menempati posisi yang menguntungkan dalam kata kunci tertentu?

Inilah yang banyak diperbincangkan oleh kalangan pengembang website, pegiat SEO, blogger, internet marketing, dll. Bahkan setiap kali adanya pembaharuan peraturan baru, rilis algoritma dari Google, dll akan sangat mendapatkan perhatian dari kalangan-kalangan tersebut.

Kenapa? Karena mau tidak mau jika misalkan ada peraturan baru, maka para pengembang dan pegiat SEU maupun blogger akan memperbaharui juga pola yang mereka lakukan untuk menyesuaikan. Mereka harus menganalisasi perkembangan yang terjadi atas rilisnya atau dijalankan nya sebuah algoritma baru dari Google, dan mesin pencarian lainnya.

Sulit? Ya memang sulit, karena itulah kita harus memiliki konsep yang akan dijalankan. Bagaimana pola pengoptimasian kita, bagaimana hasilnya. Analisa dan data harus kita sesuaikan dengan sebaik-baiknya. Kita juga harus terus melakukan update atas beberapa perkembangan yang terjadi.

Mungkin setiap pengembang website dan pegiat SEO memiliki konsepnya masing-masing. Mereka menjalankan langkah-langkah berdasarkan analisa data yang mereka miliki.

Konsep pengoptimasian konten online.

Disini saya ingin memaparkan sebuah konsep yang lebih melakukan pendekatan terhadap user pengguna mesin pencarian. Dasarnya adalah, karena saya meyakini bahwa mesin pencarian itupun sudah pasti akan terus melakukan perubahan pada kenyaman, dan manfaat yang bisa dinikmati oleh para user penggunanya, ini dilakukan dalam mempertahankan eksistensi keberedaan nya.

Mesin pencarian itu sangat ketergantungan kepada user penggunanya, makanya mereka menciptakan dan mengembangkan mesin pencarian yang memanjakan dan sesuai dengan kebutuhan para user penggunanya. Namun juga jangan melupakan bahwa disitu juga ada bisnis yang dijalankan oleh perusahaan pengembang mesin pencarian.

Dari sana kita sebenarnya bisa memetakan kearah mana kita ikut berkembang, dan langkah-langkah apa saja yang harus di kedepankan. Ada dua dasar yang akan saya kedepankan disini. Pertama ramah dengan pengunjung website kita, dan kedua ramah dengan mesin pencarian. Sebagaimana mesin pencarian tersebut juga ramah dengan pengguananya, maka kita juga harus mengoptimasikan website kita agar ramah dengan pengunjung website kita.

Jangan sampai ada tabrakan kepentingan antara website kita dan mesin pencarian. Walau pada dasarnya jika kita membuat seramah mungkin website kita dengan pengunjung kita, tentu harusnya itu juga ramah dengan mesin pencarian.

Disinilah awal lahirnya istilah SEO On Page dan SEO Off Page. Namun banyak kalangan yang kurang paham konsep tersebut. Sehingga optimasi dilakukan secara asal, dan tidak melihat kepentingan pengunjung dan kepentingan mesin pencarian secara seimbang. Misalkan template yang berat dan lambat dalam memuat konten, struktur website yang begitu rumit dan menyulitkan, dan banyak lagi lainnya. Kita akan bahas itu nanti sesuai dengan topik pembahasan nya.

Akhir kalimat, saya ucapkan selamat menikmati perjalanan panjang mengoptimasi mesin pencarian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.