Pengertian Sejarah dan Pra Sejarah Dalam Bahasa Kekinian Agar Mudah Dipahami

Pengertian Sejarah Dan Pra Sejarah

Pengertian Sejarah dan Pra Sejarah Dalam Bahasa Kekinian Agar Mudah Dipahami.- Sejarah adalah istilah umum untuk menggambarkan kejadian masa lalu yang benar-benar terjadi, dan kejadian itu bisa dibuktikan berdasarkan penelitian. Sejarah bukan hanya sekedar sebuah kejadian, namun sebuah kejadian yang memiliki hubungan dengan keadaan masa kekinian (yang sedang terjadi saat ini).

Misalkan asal usul kenapa terbentuknya sebuah kota, pulau, atau mungkin penamaan nya. Kejadian yang menjadi latar belakang tersebut itulah yang kemudian disebut sejarah. Misalnya: sejarah bangsa Indonesia yang terbetuk dari jaman kerajaan-kerajaan, kemudian berlanjut kepada masa penjajahan hingga kejadian kemerdekaan yang menyatukan sejumlah daerah dan wilayah yang kemudian disebut dengan bangsa dan negara Indonesia.

Kejadian itu bukan hanya katanya, atau hikayat rakyat. Namun semua kejadian bisa dibuktikan berdasarkan penelitian yang ada, entah berdasarkan sejumlah dokumen masa lalu, barang peninggalan, prasasti, dll.

Pengertian Sejarah.

Bisa kita simpulkan sejarah adalah sebuah rangkaian kejadian nyata dan bisa dibuktikan berdasarkan penelitian yang terjadi pada masa lalu dan mampu mempengaruhi serta menjadi penyebab kondisi atau keadaan sekarang.

Orang mempelajari sejarah bukan hanya untuk membuktikan kebenaran masa lalu, namun juga untuk dijadikan sebuah pelajaran yang akan diterapkan dalam masa kekinian. Kesalahan masa lalu maupun kejayaan masa lalu akan menjadi referensi kehidupan orang-orang masa depan.

Karena itulah pentingnya sebuah sejarah yang utuh dan tidak bersipat abu-abu. Sebuah sejarah harus disampaikan apa adanya. Sementara sejarah yang sudah direkayasa maka sebenarnya sudah bisa dikatakan bukan lagi sejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Roeslan Abdulgani: Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

Moh. Yamin: Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Ibnu Khaldun (1332–1406): Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

Perbedaan Sejarah Dan Pra Sejarah.

Pra Sejarah sendiri sebenarnya termasuk bagian sejarah, namun Pra Sejarah sendiri adalah kejadian yang terjadi sebelum adanya catatan sejarah. Namun ini sedikit ada kerancuan mengingat sulit bagi kita belakangan ini untuk menentukan kapan era sejarah sebenarnya di mulai, sehingga belakangan Istilah Pra Sejarah kemudian mulai tidak digunakan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *