Faktor Pendorong Perubahan Sosial

Pendorong Perubahan Sosial

Kita mengenal kehidupan manusia sebagai salah satu makhluk yang memiliki sipat sosial. Pada artikel sebelumnya sudah kami bahas tentang sebagian kecil alasan kenapa manusia disebut sebagai makhluk sosial. Silahkan membaca kembali artikel kami sebelumnya jika misalkan anda ingin memahami runut pembahasan kami.

Sekarang yang kita bahas adalah tentang sejumlah factor pendorong perubahan sosial sebuah masyarakat, tentunya seperti sebelumnya kita akan membahas berdasarkan sudut pandang kaca mata orang awam. Kehidupan sosial masyarakat terkadang berubah berdasarkan banyak hal yang menjadi alasan perubahan tersebut.

Secara umum jika kita amati perubahan sosial masyarakat terjadi bisa karena factor internal dan eksternal. Dari dalam dan dari luar yang mendorong perubahan tersebut. Tapi anda jangan bertanya dari kedua factor tersebut mana yang lebih dominan menjadi pendorong perubahan sosial masyarakat, karena sebenarnya tidak ada yang mana yang lebih dominan. Namun saya cendrung kepada unsur internal sih sebenarnya. Perubahan berawal dari dalam, apakah mau berubah atau tidak.

1. Interaksi Dengan Budaya Lain.

Saya percaya bahwa salah satu yang mendorong adanya perubahan sosial bagi seseorang atau kelompok masyarakat tertentu adalah adanya interaksi dengan orang lain atau kelompok lainnya. Karena sipat alamiyahnya manusia adalah mereka memiliki kemampuan belajar secara mandiri (otodidak) kemudian memutuskan sikap akan harus bagaimana?

Terjadinya sebuah hubungan seseorang dengan orang lain akan memberikan nya sebuah materi pembelajaran, yang kemudian akan menjadi bahan pertimbangan nya apakah harus bagaimana? Dan itu adalah awal dari sebuah perubahan. Walau kemudian yang menentukan adanya perubahan adalah dirinya sendiri.

2. Adanya Sikap Keterbukaan.

Hal lainnya adalah adanya sikap keterbukaan dari individu atau kelompok masyarakat dengan hal baru. Adanya sikap keterbukaan ini akan berdampak kepada lahirnya sebuah gerakan perubahan yang tentunya kearah lebih baik berdasarkan asumsi mereka.

Sederhana nya adalah saat kita belajar dari pihak lain, entah melihat, mendengar, atau dengan media lainnya. Kemudian kita menimbang bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang lebih baik dari keadaan yang sekarang, maka dengan sendirinya akan tercipta sebuah upaya melakukan perubahan. Dan ini adalah gambaran kecil dari sikap keterbukaan tersebut.

3. Adanya Ketidakpuasan Dengan Kondisi Tertentu.

Sementara factor lain yang mendorong perubahan sosial kearah lebih baik adalah sikap atau keadaan yang menyebabkan ketidakpuasan dengan kondisi yang ada. Ini akan mendorong adanya sebuah perubahan secara nyata walau mungkin lamban, tergantung kondisinya. Minimal aka nada perubahan dengan cara lamban, tapi sangat mungkin akan dengan sangat cepat.

Ketidakpuasan akan mendorong seseorang untuk berubah, dorongan yang kuat bahkan membuat seseorang tidak mampu menolak perubahan tersebut. Untuk itulah perubahan pasti ada, walau selamban-lamban nya perubahan karena sulit menghindari perubahan.

3 faktor tersebut menjadi hal sederhana yang akan menjadi pendorong perubahan, boleh saya katakana tanpa 3 hal itu sulit berubah dan pasti akan berubah. Walau tentu ada faktor lainnya yang mendorong perubahan sosial, namun 3 unsur diatas biasanya pasti menjadi latar belakang sebuah perubahan.

Ada yang mengatakan bahwa pendidikan yang maju sebagai salah satu faktor pendorong perubahan, saya malah berpikiran sebaliknya. Justru pendidikan adalah upaya untuk melakukan perubahan. Seseorang akan menjalani jenjang berbagai pendidikan formal atau non formal justru karena ingin atau sedang melakukan sebuah perubahan. Mungkin saja sih sebenarnya pendidikan menjadi sebab seseorang melakukan perubahan, namun kebanyakan justru pendidikan adalah salah satu langkah melakukan perubahan.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger yang perduli dengan nilai-nilai sosial sebuah kehidupan masyarakat. Konsisten dalam menulis, dan siap belajar dari siapa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *