Mengenal Sosok Pencipta Lagu Indonesia Raya

Mengenal Sosok Pencipta Lagu Indonesia Raya

Pencipta Lagu Indonesia Raya.- Mungkin kita sudah sering mendengar lagu kebangsaan kita yakni: Lagu Indonesia Raya. Tapi tahukah kamu siapa pencipta lagu tersebut? Ini mengingatkan kami akan pelajaran sejarah sekolah dasar jaman doeloe, dimana biasanya kita akan dikenalkan sejumlah sosok pahlawan bangsa beserta detail jasa mereka kepada bangsa kita.

Masih segar dalam ingatan kita jika dinding ruang kelas kita dipenuhi dengan gambar-gambar pahlawan, bahkan terkadang itu muncul dalam soal ujian atau ujian kenaikan kelas. Masih ingat dibenak kita saat guru meminta para murid maju satu persatu menyanyikan lagu-lagu dengan tema kebangsaan bukan? Entah lagu “Pada Mu Negeri” atau lagu lainnya.

Siapakah Yang Menciptakan Lagu Indonesia Raya?

Wage Rudolf Soepratman Pencipta Lagu Indonesia Raya

Orang yang menciptakan lagu Indonesia Raya adalah Wage Rudolf Soepratman atau biasa di tulis W.R Soepratman. Beliau adalah seorang pemuda anak perajurit KNIL-Belanda, namun memiliki kecintaan kepada bangsa Indonesia.

Mimin dulu punya beberapa buku biografi sejumlah tokoh pejuang bangsa seperti: Jenderal Besar Sudirman, bahkan buku W.R Soepratman mimin juga memilikinya, namun sayangnya sekarang tidak tahu lagi kemana rimbanya. Saya sendiri sejak kecil memang menyukai pelajaran sejarah, entah sejarah bangsa ini hingga sejarah dunia, itulah kenapa koleksi saya banyak buku-buku biografi tokoh pejuang masa lalu. Walau saat itu saya sendiri masih sekolah dasar.

Siapakah Wage Rudolf Soepratman? Sang Pencipta Lagu Indonesia Raya

Siapa WR Soepratman itu? Beliau adalah sosok pemuda tangguh yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia yang kemudian kita kenal sekarang dengan nama “Lagu Indonesia Raya”. Walau awalnya lagu Indonesia Raya tidaklah seperti sekarang, setidaknya ada beberapa kali perubahan lirik didalamnya.

Wage Rudolf Supratman (9 Maret 1903 – 17 Agustus 1938) adalah satu dari sekian banyak pahlawan nasional kita, karena itu penting rasanya mengenal sedikit banyak tentang beliau dan bagaimana kehidupan beliau. WR Supratman lahir tanggal 19 Maret 1903. WR Supratman lahir di Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Teks Lagu Indonesia Raya

Teks Lagu Indonesia Raya

Teks Lagu Indonesia Raya

Pencipta Teks Lagu Indonesia Raya

Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh WR Soepratman dan untuk pertama kali dikumandangkan dihadapan khalayak orang banyak pada Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta (pada usia 25 tahun), dan disebarluaskan oleh koran Sin Po pada edisi bulan November 1928.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *