Ngeblog Bersama Sebuah Komunitas, Jaringan Kuat Buat Penghasilan

Ngbelog Bersama Sebuah Komunitas

Menjadi blogger itu susah! INGAT !! kata-kata itu. Menjadi blogger dan berharap mendapatkan penghasilan itu bukanlah hal yang mudah, butuh pengalaman, pengetahuan, dan banyak pendukung lainnya yang akan mengantarkan kita kepada sebuah kesuksesan.

Mungkin agan punya cara tersendiri dalam mengelola sebuah blog biar menghasilkan, dan saya memaklumi apapun cara anda. Tuh! Saya bukan pemula yang baru saja mengenal blog kemarin siang. Saya maklum bahwa diluar sana ada banyak sekali teknik membangun blog, teknik mempopulerkan nya, teknik mendatangkan trafick kunjungan. Bahkan ada yang kemudian mengembang sebuah sistem agar halaman-halaman blognya bisa bersaing dengan pengelola blog lainnya.

Dari sekian banyak teknik mungkin kita akan bertanya “kira-kira teknik yang mana yang akan sangat cocok untuk kita terapkan?”.

Membangun Customer Base Yang Kuat Melalui Sebuah Jaringan Komunitas.

Dalam pembahasan kali ini saya nggak ingin berlama-lama menggunakan bahasa yang hanya membuat anda lebih lama disini. Dalam blog ini adalah beberapa catatan ringkas berdasarkan pengalaman saya, bukan untuk sekedar dibaca dan dipahami, namun untuk di diskusikan sebagai bagian dari interaksi saya dengan orang lain.

Satu teknik yang cukup bisa diandalkan agar halaman blog kita rame, menghasilkan, dan tujuan lainnya. Itu bisa kita dapatkan dengan membangun customer base yang solid. Customer base dibangun melalui sebuah jaringan komunitas yang akan saling mengisi dan membutuhkan antar sesama membernya. Setiap member dari jaringan komunitas memiliki tujuan dan kepentingan masing-masing, namun untuk menggerakan nya itu tidak mudah jika harus dilakukan sendirian. Sebuah blog butuh pembaca dan penulis agar blog ramai dikunjungi. Karena itulah dengan bergerak secara bersama antara member dalam sebuah komunitas, maka minimal sebuah blog sudah berada selangkah lebih maju karena dukungan kuat dari komunitas tersebut.

Sebuah blog bisa saja dibangun secara mandiri dengan mengandalkan kunjungan unik dari mereka yang memang tidak kita kenal, namun itu akan membutuhkan waktu, tenaga, dan teknik pemasaran yang menguras energi kita. Sekarang bukan lagi jamannya tokoh hero yang membela dunia sendirian, sekarang jaman the avanger. Dimana semua tokoh bergabung untuk saling menguatkan posisi kawan nya dan melemahkan lawan nya. Sehingga semakin besar komunitas yang kita buat akan semakin kuat kita, seraya menunggu semakin banyaknya pengunjung unik lainnya.

Apakah teknik ini bisa bertahan lama?

Selama anda bisa menjadikan sebuah komunitas menjadi customer base anda yang loyal. Maka selama itulah manfaat komunitas anda akan bertahan. Ini bukan teknik cepat atau teknik ajaib yang menjadi rahasia blogger-blogger mendapatkan kesuksesan nya, tapi ini hanyalah teknik sederhana yang belakangan semakin ramai digunakan. Mungkin karena para blogger juga sadar akan peran sebuah komunitas yang dikutinya akan banyak membantunya.

Saya pun juga tidak menyarankan anda terus bertahan mengandalkan sebuah komunitas tertentu sebagai customer base. Anda juga butuh pelanggan lainnya yang loyal mengakses halaman blog anda, salah satunya pelanggan/pengunjung unik yang memang datang ke halaman blog untuk sebuah informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *