Motor Cepat Rusak Gara-Gara Hal Sepele Ini

Motor Cepat Rusak

Beberapa hari yang lalu motor butut saya harus masuk bengkel wan, tentu saja itu menghambat banyak pekerjaan saya juga. Bukan hanya rugi waktu, tapi biaya pengeluaran juga jadi membengkak bulan ini. Selain bayar biaya servis motor yang kurang lebih 750.000an, kemana-kemana juga harus biaya lebih karena naik ojek online melulu.

Menyedihkan memang, apalagi disaat biaya hidup semakin serba mahal seperti sekarang ini. Mau bagaimana lagi, itu juga karena salah saya sendiri. Kenapa juga saya harus mengabaikan hal sederhana dalam merawat motor. Tapi setidaknya itu juga menjadi pelajaran berharga bagi saya.

Seringlah Ganti Oli Mesin Motor Anda Biar Nggak Cepat Rusak

Motor saya kemarin rusak, sendat, nggak mau hidup karena berawal saya lupa ganti oli motor wan. Awalnya cuman bunyi doang mesin nya, saya sudah nebak kalau ring piston motor sepertinya yang kena, atau minimal klipnya yang kena.

Tapi, karena memang kebetulan uangnya juga lagi sekarat makanya aku biarkan ajah sementara waktu. Ternyata apes dah! akhirnya mati total dan harus masuk bengkel juga.

Dan ternyata benar, ring piston dan blok silinder motor ane yang kena. Setelah usut punya usut penyebabnya adalah karena kelelayan saya dalam mengganti oli mesin. Hehe keluapaan ganti oli mesin hingga hampir kering menjadi penyebabnya.

Salah siapa? ya salah saya sendiri mengabaikan itu. Nggak biasanya sih, karena biasanya 1bulan sekali ane bakal ganti oli mesin. Tapi entah kenapa saat itu saya lupa ganti hingga lebih 2 bulan. Bayangkan saja mesin motor tanpa oli, ibarat manusia tanpa darah. Kurang darah ajah bisa bahaya apalagi harus kehabisan darah.

Dan ini menjadi pelajaran berharga, jangan abaikan oli mesin motor anda. Jangan sampai terlalu kental dan usang, apalagi sampai kekeringan. Di jamin blok silinder motornya rusak, dan mengeluarkan bunyi kurang mengenakan. Minimal ganti 1 bulan sekali untuk pemakaian wajar, kalau pemakaian berat bisa 1/2 bulan sekali itu.

Motor Cepat Rusak, Kalau Sparepart Jarang Diganti

Kadang kalau kita merasa jalan motor kita normal ajah, kita menganggap motor kita baik-baik saja. Walau sebenarnya Sparepart jarang diganti. Ini bahaya, karena apapun itu yang namanya benda walau terbuat dari besi jika kelamaan digunakan bisa rusak dan usang.

Kebetulan lama juga ngobrol sama orang bengkelnya, sempat nanya-nanya penyebab motor cepat rusak. Ternyata Sparepart yang jarang diganti itu juga bahaya wan. Karena sparepart yang udah lama itu rapuh dan rawan aus dan atau rusak. Saat ada satu saja yang bisa menyebabkan kerusakan akan menimbulkan kerusakan berat.

Misalnya, rantai gardan motor yang terlalu lama. Apalagi kalau motor metik karena getah gardan yang digunakan sebagai pengganti rantai bisa sangat rapuh. Saat oli mesin kita mengental dan perputaran mesin yang berat maka itu bisa menjadi pemicu kerusakan juga. Entah sobek hingga putus sama sekali.

Iya kalau misalkan kemacetan mesin terjadi siang hari dan dekat bengkel, kalau malam hari pas pulang kerja dan tempat sepi. Bagaimana? pas dorong motor ketemu kuntilanak lagi. Hahaha seremmm eyyy.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger yang perduli dengan nilai-nilai sosial sebuah kehidupan masyarakat. Konsisten dalam menulis, dan siap belajar dari siapa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *