Mengelola Blog Agar Semakin Berkembang

Mengelola Blog

Jika sebelumnya saya sudah membahas tentang apa pentingnya seorang mentor dalam ngeblog, dan juga tentang sebuah komunitas jaringan yang bisa menjadi mediasi pembesaran branding kita, dan mungkin lainnya. Maka pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang apa saja yang bisa kita lakukan setelah selesai membuat blog.

Coba lihat kembali sejumlah artikel kami sebelumnya:

  1. Apakah menjadi blogger harus punya mentor?
  2. Ngbelog bersama sebuah komunitas.

Apakah cukup dengan berpangku tangan saja? Atau ada banyak hal yang harus kita lakukan secara berkelanjutan dari tahap ke tahap lainnya.

Konsisten Dalam Menulis.

Konsisten Dalam Menulis
Ada pepatah arab yang mengatakan “Man Jadda wajada” yang artinya barang siapa bersungguh-sungguh dia akan mendapatkan nya. Artinya jika kita memang memiliki suatu mimpi, entah itu mimpi yang besar atau kecil, maka kita harus mengejarnya dengan bersungguh-sungguh. Kesungguhan kita akan membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan. Begitu juga dengan ngeblog, jika misalkan kita punya angan-angan maka lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan konsisten lah dalam melakukan nya.

Menulis adalah kegiatan utama dalam ngeblog, kita bisa menulis banyak hal dalam satu topik yang memang sudah kita tentukan. Fashion, Otomotif, Kesehatan, Marketing, dll adalah sebagian topik yang bisa kita bahas. Kita bisa memilih topik mana yang sekiranya menjadi sesuatu yang bisa kita jual kepada pengunjung blog kita. Yang harus kita lakukan adalah konsisten dengan apa yang kita lakukan tersebut, jangan mudah puas dan jangan mudah berhenti begitu saja.

Kita Bisa Membangun Jaringan Marketing.

Siapa bilang untuk mendapatkan kunjungan yang banyak sebuah blog tidak memerlukan sebuah jaringan dan strategi marketing. Anda salah jika misalkan menganggap membangun sebuah blog itu semudah itu. Karena harus ada strategi yang menjadi pijakan kita, dan itu pun harus kita lakukan dengan sungguh-sungguh.

Banyak teman banyak rejeki mungkin sebenarnya bukan hanya untuk kita manusia, namun juga sebuah blog. Semakin banyak jaringan link yang mengarah ke kita atau dari kita maka sebenarnya itu akan semakin bagus. Hanya saja antara link yang masuk dan keluar haruslah kita seimbangkan. Ideal nya link masuk harus lebih banyak di banding kan dengan link keluar.

Untuk membangun jaringan link ini mungkin kita bisa belajar dari banyak tutorial yang ada di internet, walau saya akan meragukan jika para master akan memaparkan nya dengan sedetail mungkin. Namun patut di coba dengan banyak bertanya kepada mereka yang memang sudah banyak pengalaman. Mungkin ada teknik rahasia dari mereka, atau mungkin ada cara mudah melakukan nya.

Rajin Melakukan Interaksi Dengan Pihak Lainnya.

Satu bagian dari strategi membangun branding kita adalah rajin melakukan interaksi dengan orang lain. Dan sepertinya ini bisa kita terapkan dalam kehidupan ngeblog kita. Tidak akan ada salahnya jika misalkan kita rajin membaca halaman blog orang lain, karena akan ada banyak manfaat yang kita dapatkan. Misalkan:

1.Kita bisa belajar topik baru, dan pembahasan baru yang akan menjadi modal artikel blog kita.
2.Kita bisa mendaopatkan feedback positif dari interaksi kita.
3.Itu akan menambahkan kekayaan kosa kata yang akan digunakan dalam artikel kita.
4.Dan banyak lainnya.

Kesimpulan dalam berinteraksi dengan orang lain adalah membangun sebuah kehidupan sosial dan mendapatkan keuntungan untuk kita aplikasikan ke dalam blog kita.

Melakukan Pengelolaan Halaman Blog.

Sebuah blog juga butuh pengelolaan profesional. Menanggapi tanggapan yang masuk ke halaman blog, melakukan pembenahan template, memperbaiki kalimat tulisan. menambah keterangan yang terbaru, atau merubah informasi yang kita tulis jika misalkan ada pembaruan.

Pengelolaan blog bisa jadi akan menjadi hal yang melelahkan, karena kita harus benar-benar telatin dalam melihat banyak unsur di dalam nya. Bahkan mungkin kita harus membaca ulang artikel lama yang sudah kita terbitkan. Apakah ada kalimat yang harus kita perbaiki, atau merubah struktur internal link untuk memberikan keterangan baru, dll.

Dari sekian banyak aktivitas biasanya mengelola sebuah blog akan menjadi aktivitas harian yang bisa kita lakukan selain membangun sebuah jaringan blog melalui link blog. Jika menulis blog bisa kita lakukan seminggu sekali, maka mengelola halaman harus kita lakukan setiap harinya secara bertahap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *