Membuat Video Dengan Camtasia Studio

Belajar membuat & edit video dengan mudah menggunakan Camtasia Studio.

Salah satu software perangkat komputer yang bisa kita andalkan untuk membuat atau mengedit video adalah Camtasia Studio. Perangkat software ini cukup mudah untuk kita gunakan, bahkan seandainya dilakukan oleh seorang pemula sekalipun, maka dengan sangat mudah dipahami & Insya Allah tidak membutuhkan waktu lama memahami fitur-fiturnya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas fitur-fitur apa saja yang ada di software Camtasi Studio & bagaimana menggunakan nya. Semoga saja review dan catatan singkat ini bisa dimanfaat oleh siapa saja, Amiin Allahumma Amiin.

Camtasia Studio memiliki banyak fitur menarik yang bisa kalian manfaat, di antaranya;

Library Menu Camtasia.

Di Camtasia Studio ada satu menu yang sangat menyenangkan dan mudah kalian gunakan, yaitu menu Library. Pada menu tersebut software sudah menyediakan beberapa contoh atau demo video menarik seperti video intro, musik intro, dan video serta musik lain nya. Kita bisa menggunakan nya sebagai video pembuka atau penutup, atau keperluan lainnya.

File yang ada di Library bisa dengan mudah kita tambahkan, bisa menambahkan dengan cara manual seperti membuat sendiri & menyimpan nya sehingga bisa kita gunakan secara berulang. Dalam percobaan saya menggunakan Camtasia Studio 8, di sana saya membuat video intro saya sendiri dan menyimpan nya untuk kebutuhan editing video saya. Saya juga menambahkan file logo video saya yang biasa akan di sisipkan di setiap video yang saya buat.

Cara menggunakan nya bisa dikatakan cukup mudah. Kita hanya menggeser atau menyeretnya file yang kita inginkan ke track yang ada di bagian bawah. Setiap theme yang secara defaul sudah ada di sana, sudah lengkap terisi dengan musik intro, banner tambahan, video intro, dll yang bisa kita gunakan & kita edit dengan sangat mudah dengan berbagai gaya. Kita juga bisa menambahkan theme Camtasia Studio dengan mendownload theme di poral website resminya atau membeli dari mereka yang menjual theme Camtasia Studio.

Clip Bin Camtasia Studio.

Clip Bin yang ada di Camtasia Studio berfungsi sebagai kolom peletakan video atau file  yang akan kita edit atau kita buat video. File yang ada di komputer kita harus kita masukkan ke clip bin tersebut, dengan cara menyeretnya ke sana. Pilih file yang ada di komputer klik kiri dan tahan, kemudian seret file ke clip bin. Secara otomatis Camtasia Studio akan menyimpan nya.

Cara mengedit nya sama dengan file yang sudah ada di library. Seret file ke kolom track agar bisa kita edit & gabung dengan file lainnya. Mudah bukan?.

Saat Camtasi Studio kita tutup file yang ada disana secara otomatis akan hilang, untuk mempertahan file agar ada di studio tersebut kita bisa memasukan nya ke dalam library. Caranya klik kanan mouse komputer dan pilih ADD TO LIBRARY.

Transitions Camtasia Studio.

Ini mungkin menjadi fitur favorit. Dengan menggunakan transitions Camtasia Studio kita bisa membuat berbagai macam efek yang dihasilkan. Biasa digunakan untuk membuat efek tampilan pembuka video, penyambung antara satu file video dengan video lainnya.

Cara menggunakan nya sangatlah mudah. Anda hanya menyeret efek yang diingikan kebagian file yang anda mau. Menarik ukuran nya untuk mengatur waktu lamanya efek berjalan. Dibagian ini kita juga bisa melakukan kreativitas dengan memutung file video & dan meletakkan efek transitions di sela-sela file video.

Kreatvitas memang tidak bisa diajarkan dengan sepenuhnya. Itu menjadi kemampuan anda sendiri bagaimana mendesain video yang anda buat. Semakin kreatif anda membuatnya maka hasilnya akan semakin bagus juga. Namun, Camtasia Studio sudah cukup menyediakan berbagai fitur yang mendukung kreativitas anda dalam edit & membuat sebuah video.

Leave A Reply

Your email address will not be published.