Mata Bintitan Dan Mitos Mengintip

Mata bintitan memiliki cerita tersendiri, katanya kalau orang suka ngintip orang matanya bakal bintitan.

Halo bapak-bapak yang ada di luar sana, mana suaranyaaaa hehe jangan kalah semangat sama anak muda jaman now ya kalau soal semangat. Khususnya semangat menulis, semangat mengoceh, dan semangat cari istri muda lagi brukakakakak. (Semoga saja istri saya tidak baca tulisan ini).

Masih ingat nggak jaman-jaman kejayaan dulu, kalau ada matanya yang bengkak/timbilan/bintitan bakal di godaan dengan cara di kata-katain habis ngintip orang mandi. Katanya, walau cuman katanya kalau suka ngintip orang mandi matanya timbilan begitu. Itu benar nggak sih, atau cuman mitos dengan jurus biar nggak banyak yang ngintip anak perawan orang lagi mandi di kali mungkin yah?.

Gokil juga cerita masa jayanya anak muda jaman won, kalau jaman sekarang dinamakan jaman now ya jaman dulu kita balik ajah jadi jaman won. Kalau ada teman yang matanya bengkak timbilan pasti dah bakal kena ejek yang lain. “Amat habis ngintip orang oyyyy” begitu dah, penulis masih ingat dengan jelas karena pernah merasakan bagaimana sakitnya di bully begitu. Dulu sih nggak ada istilah bully, yang ada cuman diledekin.

Kalau sudah begitu, langsung emak-emak bertindak dengan jurus nakut-nakutin, “ kalau kita ngeledek orang timbilan nanti timbilan menjangkit ” ujer emak-emak. Buahhh pada kabur semuanya, takut di bully kalau matanya timbilan.

Emang sebenarnya penyebab timbilan apa ya? Cikidau cikidut penulis memainkan aksi browsing di internet.

Penyebab dan Faktor Bintitan/Bntilan Pada Mata.

Menurut situs alodokter.com penyebab bintitan dikarenakan bakteri yang namanya bakteri stafilokokus, ingat stafilokokus bukan kue kukus. Contohnya adalah infeksi yang terjadi pada akar bulu mata, maka akan menimbulkan bintitan tersebut. Bakteri tersebut hidup di kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit, namun risikonya akan meningkatkan risiko bintitan kalau misalkan tangan yang kotor tersentuh mata.

Namun ada juga faktor lainnya, semisal:

  • Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.
  • Tidak membersihkan kosmetik saat tidur.
  • Memakai lensa mata yang tidak steril, atau pas menggunakan nya justru tangan kita yang sedang kotor.
  • Atau mengidap peradangan pada mata.

Nah begitu sebenarnya, bukan nya karena ngintipin orang mandi. Ada-ada saja, untuk sudah tua nggak main ejek ngintip orang mandi. Kalau kedengaran istri bisa di kira beneran habis ngintip orang mandi. Kan susah, padahal memang iya habis ngintip janda sebelah hahahaha.

Mengobati Bintitan.

Ada yang tau caranya? Bintitan pada dasarnya akan sembuh dengan sendirinya setelah pecah dan mengeluarkan nanah. Kayak jerawat juga ya? Pecah maka sembuh. Ya kan memang sejenis jerawat, hanya saja munculnya di bagian mata maka berubahlah namanya menjadi bintitan. Yang penting jaga kebersihan, atau kalau misalkan sakit bisa minum obat analgesik untuk meredakan rasa nyeri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.