Masa Lalu dan Masa Depan

Masa Lalu dan Masa Depan | Sebenarnya judul yang kalian baca hanyalah bagian kecil kegundahan ku mencari judul apa yang pantas untuk disematkan dalam tulisan ini. Tapi tak apa! terlanjur mampir baiknya selesaikan saja apa yang kalian mulai.

Kalian lagi apa? atau kita ganti pertanyaan yang lebih spesifik “Kamu lagi apa?”. Pernah tidak kita memikirkan jawaban spontan dari apa yang kita kerjakan saat ini. Tahu tidak bahwa itu pada waktunya akan menjadi masa lalu yang tidak akan bisa kita ralat lagi. Itu akan menjadi paragraf yang akan kita tulis dengan awal “dulu”.

Pernah tidak kita berpikir apa manfaatnya dulu kita melakukan nya untuk hari ini? apa yang sudah terjadi tidak mungkin bisa kita kembalikan untuk menciptakan kenangan yang berbeda, karena hidup kita bukan tulisan picisan yang jika salah kalimat masih bisa kita sunting ulang untuk merubahnya. Yang ada adalah kita akan menerima hasil yang pernah kita lakukan.

Itulah kenapa saya memulai dengan pertanyaan “Kamu lagi apa?”. Apa yang kamu lakukan, apa yang saya lakukan maka di suatu waktu nanti itu akan menjadi kenangan masa lalu. Hanyalah masa lalu, yang jika itu hal percuma maka selamanya akan menjadi kenangan sia-sia.

Dulu, Sekarang, dan Nanti yang Tidak Pasti.

Sekarang kita sudah menjalani bulan ke 2 di tahun 2019 ( ingatkan aku untuk merubahnya di tahun depan ). Yuk! kita introspeksi diri tentang tahun 2018 dengan memulai pertanyaan “dulu apa yang kita lakukan?”.

Masa lalu tahun kemarin tidak akan bisa kita rubah lagi, apa yang sudah kita lakukan di masa lampau hanyalah gambaran kehidupan kita untuk memijak-kan kaki kembali di tahun ini. Alhamdulillah tuhan masih berikan kita umur. Baiknya kita tanya lagi “Sekarang  kita lagi apa?“. Akan kah itu menjadi pertanyaan berulang di tahun akan datang?.

Masa depan kita ditentukan dari apa yang kita lakukan saat ini. Oh.. saat ini kita melakukan pembenahan kehidupan untuk diri kita dan keluarga kita. Percayalah besok kita akan dapati hasil yang sudah kita lakukan di saat ini. Karena itu pastikan apa yang kita lakukan hari ini, jika ditanya besok maka kita bisa menjawabnya dengan bangga dan rasa kehormatan yang tinggi.

Biarkan Masa Lalu Menjadi Sebuah Kehormatan.

Masa Lalu Sebagai Kenangan

Ceritakan kepada anak-anak kita atau mungkin cucu kita tentang masa lalu kita dengan penuh kebanggaan karena kita sudah melakukan hal yang benar.

Baca juga: Aku dan Malam! Saat Ketenangan Memadu Nyanyian Alam

Kita pasti akan menemukan masa depan, dimana masa lalu hanyalah akan menjadi sebuah cerita, entah itu sebuah penyesalan atau sebuah kebanggaan dan kehormatan. Pastinya kita akan menjumpa dengan masa dimana tuhan menanyakan masa lalu kita, sedang apa? kenapa begitu?.

Karena itu buatlah dan tulislah masa lalu kita dengan sesempurna mungkin, sampai batasan kita telah habis. Biarkan ini akan menjadi jawaban jika suatu hari nanti ada yang menanyakan “Kemarin apa yang kamu lakukan?”. Tulislah masa lalu dan masa depan kita dengan melakukan hal terbaik saat ini, biar menjadi penyaksian bahwa kita pernah melakukan nya dengan bangga tanpa penyesalan.

 

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger, penulis dan pemerhati topik: general, lifestyle, kesehatan, tekno, SEO, dan banyak lainnya. Seorang ayah dengan 2 anak menuju proses anak ke 3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *