Masa Iddah Wanita Sebelum Boleh Menikah Lagi

Permasalahan terkait masa iddah ternyata banyak juga diperbincangan dikalangan muslimah, mengingat dia adalah bagian dari Syaria'at Islam.

Islam mengatur sejumlah kehidupan seorang muslim dengan sempurna, bahkan dalam kehidupan yang mungkin kita sebagai muslim tidak mengetahui hikmah dibalik aturan yang ada. Namun sebenarnya setiap aturan yang ada memiliki sejumlah hikmah tersendiri.

Termasuk dalam pernikahan seorang wanita, Islam juga mengatur secara rinci. Bahkan hingga masa waktu iddah (tenggang) setelah pasca cerai atau ditinggalkan suami yang terdahulu.

Berikut rangkuman kami tentang sejumlah permasalahan masa iddah seorang wanita:

Wanita Yang Ditalak

Masa Iddah Wanita Sebelum Boleh Menikah Lagi

1. Wanita yang ditalak 1 atau 2 oleh suaminya memiliki masa iddah selama 3 kali suci. Jika seorang wanita ditalak dalam keadaan suci, maka itu dihitung 1 kali suci, sehingga setelah dia haid dan kembali suci akan dihitung suci yang kali ke 2. Setelah suci yang kedua, kemudian haid lagi dan suci lagi (suci yang ke 3), maka seorang wanita sudah boleh menikah lagi dan terpisah sudah hubungan nya dengan mantan suaminya.

Jika seorang wanita sudah memasuki masa iddah suci yang ke 3, maka sang suami sudah tidak diperkenankan lagi rujuk, melainkan harus melakukan akad nikah kembali jika ingin kembali dengan mantan istrinya.

2. Wanita yang ditalak 3 oleh suaminya juga memiliki masa iddah 3 suci. Wanita yang sudah tertalak 3 tidak diperkenankan lagi rujuk atau menikah kembali dengan suaminya, walau dalam masa iddah. Perbedaan dengan yang talak 1 atau 2, masih dikenankan untuk rujuk jika masih berada di masa iddah atau menikah kembali setelah melewati masa iddah.

Wanita yang tertalak 3 dalam keadaan suci maka sucinya di hitung 1 kali suci. Setelah memasuki suci yang ke 3, maka diperbolehkan untuknya menikah kembali dengan orang lain ( tidak boleh dengan mantan suaminya ).

Catatan:

Wanita yang ditalak 3 oleh suaminya boleh kembali menikah dengan suaminya setelah dia menikah dengan orang lain dan cerai. Setelah selesai masa iddah dengan mantan suami yang baru, barulah diperkenankan menikah kembali dengan mantan suami yang lama.

Wanita Yang Sedang Hamil

Random Post
1 of 6

3. Wanita yang sedang hamil jika dicerai/talak 1 atau 2 oleh suaminya, atau karena suaminya meninggal dunia. Maka masa iddah nya hingga dia melahirkan. Misalkan hari ini dicerai atau suaminya meninggal, kemudian besok harinya melahirkan maka habislah masa iddahnya. Dan dia boleh menikah kembali setelah melahirkan tersebut.

Wanita Yang Ditinggalkan Suaminya Karena Meninggal Dunia

Wanita Yang Ditinggalkan Suaminya Karena Meninggal Dunia

4. Wanita yang tidak dalam keadaan hamil dengan suaminya meninggal dunia, maka masa iddahnya selama 4 bulan 10hari.

Wanita Yang Tidak Mengalami Haid

5. Wanita yang tidak lagi mengalami masa haid karena umur tua atau belum pernah haid karena umur terlalu muda. Jika bercerai maka masa iddahnya adalah 3 bulan, dan jika suaminya meninggal dunia maka masa iddahnya 4 bulan 10hari.

Wanita Yang Belum Sempat Berjima’

6. Wanita yang dicerai atau talak namun belum melakukan jima’ atau berhubungan badan dengan suaminya, maka tidak ada masa iddah untuknya. Sehingga setelah dicerai boleh langsung menikah.

Begitulah sejumlah ketentuan masa iddah yang mungkin harus diketahui oleh kalangan muslimah. Permasalahan ini banyak dibicarakan di sejumlah kitab-kitab fiqih muktabarah seperti fathul mu’in:

Bab Masalah Iddah Muslimah

ﻭﺗﺠﺐ اﻟﻌﺪﺓ ﺑﺜﻼﺛﺔ ﺃﻗﺮاء ﻋﻠﻰ ﺣﺮﺓ ﺗﺤﻴﺾ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ:
{ﻭاﻟﻤﻄﻠﻘﺎﺕ ﻳﺘﺮﺑﺼﻦ ﺑﺄﻧﻔﺴﻬﻦ ﺛﻼﺛﺔ ﻗﺮﻭء}
.
ﻭﺗﺠﺐ ﻋﺪﺓ ﺑﺛﻼﺛﺔ ﺃﺷﻬﺮ ﻫﻼﻟﻴﺔ ﻣﺎ ﻟﻢ ﺗﻄﻠﻖ ﺃﺛﻨﺎء ﺷﻬﺮ ﻭﺇﻻ ﺗﻤﻢ اﻟﻤﻨﻜﺴﺮ ﺛﻼﺛﻴﻦ ﺇﻥ ﻟﻢ ﺗﺤﺾ ﺃﻱ اﻟﺤﺮﺓ ﺃﺻﻼ ﺃﻭ ﺣﺎﺿﺖ ﺃﻭﻻ ﺛﻢ اﻧﻘﻄﻊ ﻭﻳﺌﺴﺖ ﻣﻦ اﻟﺤﻴﺾ ﺑﺒﻠﻮﻏﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺳﻦ ﺗﻴﺄﺱ ﻓﻴﻪ اﻟﻨﺴﺎء ﻣﻦ اﻟﺤﻴﺾ ﻏﺎﻟﺒﺎ ﻭﻫﻮ اﺛﻨﺘﺎﻥ ﻭﺳﺘﻮﻥ ﺳﻨﺔ ﻭﻗﻴﻞ ﺧﻤﺴﻮﻥ
.
ﻭﺗﺠﺐ اﻟﻌﺪﺓ ﻟﻮﻓﺎﺓ ﺯﻭﺝ ﺣﺘﻰ ﻋﻠﻰ ﺣﺮﺓ ﺭﺟﻌﻴﺔ ﻭﻏﻴﺮ ﻣﻮﻃﻮءﺓ ﻟﺼﻐﺮ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺫاﺕ ﺃﻗﺮاء ﺑﺄﺭﺑﻌﺔ ﺃﺷﻬﺮ ﻭﻋﺸﺮﺓ ﺃﻳﺎﻡ ﻭﻟﻴﺎﻟﻴﻬﺎ ﻟﻠﻜﺘﺎﺏ ﻭاﻟﺴﻨﺔ.
.
ﻭﺗﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺘﻮﻓﻰ ﻋﻨﻬﺎ ﺯﻭﺟﻬﺎ اﻟﻌﺪﺓ ﺑﻤﺎ ﺫﻛﺮ ﻣﻊ ﺇﺣﺪاﺩ ﻳﻌﻨﻲ ﻳﺠﺐ اﻹﺣﺪاﺩ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﺄﻱ ﺻﻔﺔ ﻛﺎﻧﺖ ﻟﻠﺨﺒﺮ اﻟﻤﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ: ﻻ ﻳﺤﻞ ﻻﻣﺮﺃﺓ ﺗﺆﻣﻦ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻭاﻟﻴﻮﻡ اﻵﺧﺮ ﺃﻥ ﺗﺤﺪ ﻋﻠﻰ ﻣﻴﺖ ﻓﻮﻕ ﺛﻼﺙ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ ﺯﻭﺝ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺷﻬﺮ ﻭﻋﺸﺮا ﺃﻱ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺤﻞ ﻟﻬﺎ اﻹﺣﺪاﺩ ﻋﻠﻴﻪ ﻫﺬﻩ اﻟﻤﺪﺓ: ﺃﻱ ﻳﺠﺐ ﻻﻥ ﻣﺎ ﺟﺎﺯ ﺑﻌﺪ اﻣﺘﻨﺎﻋﻪ ﻭاﺟﺐ ﻭﻟﻹﺟﻤﺎﻉ ﻋﻠﻰ ﺇﺭاﺩﺗﻪ ﺇﻻ ﻣﺎ ﺣﻜﻲ ﻋﻦ اﻟﺤﺴﻦ اﻟﺒﺼﺮﻱ ﻭﺫﻛﺮ اﻹﻳﻤﺎﻥ ﻟﻠﻐﺎﻟﺐ ﺃﻭ ﻷﻧﻪ ﺃﺑﻌﺚ ﻋﻠﻰ اﻻﻣﺘﺜﺎﻝ ﻭﺇﻻ ﻓﻤﻦ ﻟﻬﺎ ﺃﻣﺎﻥ ﻳﻠﺰﻣﻬﺎ ﺫﻟﻚ ﺃﻳﻀﺎ ﻭﻳﻠﺰﻡ اﻟﻮﻟﻲ ﺃﻣﺮ ﻣﻮﻟﻴﺘﻪ ﺑﻪ.
ﻭﺗﻌﺘﺪاﻥ ﺃﻱ اﻟﺤﺮﺓ ﻭاﻷﻣﺔ ﻟﻮﻓﺎﺓ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺘﺎ ﺗﺤﻴﻀﺎﻥ ﺑﻮﺿﻊ ﺣﻤﻞ ﺣﻤﻠﺘﺎ ﻟﺼﺎﺣﺐ اﻟﻌﺪﺓ ﻭﻟﻮ ﻣﻀﻐﺔ ﺗﺘﺼﻮﺭ ﻟﻮ ﺑﻘﻴﺖ ﻻ ﺑﻮﺿﻊ ﻋﻠﻘﺔ.

Leave A Reply

Your email address will not be published.