Manfaat Madu Lebah Untuk Kesehatan Kita

Apa saja manfaat mengkonsumsi madu alami, yuk! bincang menarik bersama kami, semoga manfaat.

Kalau kita berbicara manfaat madu tentu saja sangat banyak ya! Namun yang pasti penulis ingin mengutip dari sebuah ayat yang ada di dalam kitab suci umat Islam. Yang kalau nggak salah artinya begini ;

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan.”
(QS. An Nahl: 69).”

Sebagian manfaat madu untuk kesehatan di antaranya adalah;

  1. Tubuh tetap bugar dengan madu.
  2. Mencegah Insomnia.
  3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh.
  4. Menambah Stamina Tubuh Kita.
  5. Melancarkan Sistem Pencernaan.
  6. DLL

Semua manfaat tersebut hanya berkenaan dengan daya tahan tubuh kita. Itu hanya sedikit manfaatnya saja, yang padahal aslinya sangat banyak manfaatnya. Misalkan saja;

Ternyata madu alami bisa mencegah penyakit jantung dan kangker juga loh!!. Para ahli dalam hasil penelitiannya menyatakan bahwa produk perlebahan pollen, propolis, royal jelly, dan madu sangat bermanfaat dan berperan positif dalam meningkatkan kualitas kesehatan, mencegah berbagai penyakit, dan membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit berat, termasuk kanker ganas. Produk perlebahan alami ini dihasilkan oleh lebah dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Kandungan dari tiap-tiap produk perlebahan, selain asam amino essensial, vitamin, mineral dan berbagai enzim, juga memiliki kandungan yang spesifik pada tiap-tiap jenis produk.

Kandungan Flavonoids yang terdapat pada madu & antioksidannya itu mampu menjegah & mengurangi resiko kangker dan penyakit jantung. Makanya sangat baik untuk di minum oleh kalangan anak muda dan yang sudah mulai lanjut usia, untuk mencegah serangan penyakit sekaligus meminimalisir datangnya penyakit.

Penulis kebetulan orang yang bukan nya anti minum obat-obatan, namun berusaha mengindari mengkonsumsi obat-obatan walau sekecil apapun selama masih memungkinkan. Istri penulis tahu benar, jangankan obat yang nggak jelas, bahkan obat paracetamol yang memang banyak digunakan untuk menurunkan panas pun penulis berusaha untuk tidak mengkonsumsi, kecuali memang mengharuskan banget.

Random Post
1 of 7

Kalau seandainya kita terserang sakit, mungkin mau tidak mau harus meminum obat ya? Tapi jangan menyerah begitu juga dengan obat. Itu soal pilihan hidup juga sebenarnya, ada yang ketergantungan dengan obat ada yang nggak. Ada yang sedikit saja sakit seperti flu langsung nyari obat, bahkan kalau perlu obat yang paten (baca; obat keras) katanya biar cepat sembuh. Padahal terlalu sering mengkonsumsi obat juga kurang bagus.

Penulis lebih suka menjaga pola hidup, seperti dengan rutin mengkonsumsi madu alami. Sehat & enak tentu saja. Nggak perlu mahal juga, dan nggak perlu ngambil resiko dengan mengkonsumsi obat-obatan yang nggak jelas efek sampingnya di kemudian hari akan datang kalau masuk ke dalam tubuh kita.

Madu itu kayak sesuatu yang sengaja tuhan kasih buat manusia sebagai sebuah alternatif hidup sehat. Bukan hanya buat daya tahan tubuh kita, nyatanya banyak kaum ibu juga yang memanfaatkan madu alami buat kecantikan seperti; bikin masker dari madu untuk memperhalus dan memperkencang kulit wajah mereka.

Apakah ada aturan main dalam mengkonsumsi madu?

Sejauh ini sih tidak!. Kalau penulis biasa mengkonsumsi madu pagi dan malam hari, pagi kalau mau melakukan aktivitas keseharian, dan malam hari pas mau beristirahat di rumah. Tapi kalau bapak atau ibu mau tau yang lebih detailnya bisa menanyakan langsung ke dokter yang biasa menangani kesehatan bapak/ibu. Mungkin akan ada penyesuaian dengan kondisi masing-masing.

Penulis nggak mau mengklaim harus begini atau begitu, karena kebutuhan tiap orang tentu beda-beda. Obat saja setiap orang mungkin berbeda dosisnya. Ada yang boleh di kasih obat tertentu dan ada juga yang nggak.

Kalau ada yang bilang madu nggak papa di konsumsi oleh siapa pun juga dengan takaran bebas seberapa pun, penulis juga kurang sepekat. Karena makan minum pun ada batasan nya biar sesuai dan menghasilkan sesuatu yang baik. Nggak salahnya kalau kita berkonsultasi kepada dokter yang biasa menangani kesehatan kita, mungkin ada catatan yang harus kita perhatikan terkait soal kondisi kesehatan kita selama ini.

Kalau minum seadanya, boleh kah? Ya tentu boleh saja, misalkan minum satu sendok sehari. Sejauh ini sih nggak masalah, penulis juga nggak pernah mendengar ada masalah orang yang mengkonsumsi madu secara rutin, yang ada malah semakin membaik, hanya saja butuh konsistensi dalam mengkonsumsinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.