9 Manfaat Guest Blog Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Ada banyak manfaat guest post yang bisa kita dapatkan, pertanyaan nya siapkah kita menjalankan nya dengan hati yang ikhlas?.

Manfaat guest post di blog orang lain bukanlah hal baru dibahas oleh banyak kalangan blogger kelas dewa. Faktanya bahkan sejumlah seleb blog pun menyarankan untuk guest blog ke blog-blog tetangga agar kita mendapatkan banyak manfaat. Walau sebenarnya antara dimanfaatkan dan memanfaatkan, karena memang sama-sama berusaha mendapatkan manfaat dari aktivitas guest post tersebut.

Perhatikan bagaimana para seleb blog membuka layanan guest blog untuk halaman situs mereka. Antara membuka layanan agar bias dimanfaatkan oleh orang lain, dan memanfaatkan kebutuhan orang lain. Koq bias begitu sih penulis mengomentarinya? Ya! Saya hanya mengomentari berdasarkan fakta dilapangan.

Pemanfaatan dari para seleb blog sangat terasa. Bagaimana tidak, mereka mendapatkan banyak artikel original yang mungkin akan lebih banyak lagi mendatangkan pengunjung ke halaman-halaman situs mereka tanpa susah payah menulis, menemukan ide, bahkan tanpa susah payah mempelajari materi ulasan. Dengan senang hati banyak kalangan menyumbang artikel, ulasan, opini, dll dari para mereka yang dengan senang hati melakukan guest blog di halaman blog mereka.

Bukan kah itu sebuah pemanfaatan!!

Ya! Tapi penyumbang guest blog juga mendapatkan manfaat bukan? Tentu saja, makanya saya mengatakan antara dimanfaatkan dan memanfaatkan. Karena memang saling mendapatkan manfaat.

Terus kenapa penulis mempermasalahkan? Hey!! Siapa yang mempermasalahkan, justru saya pun ikut menganjurkan. Karena dari aktivitas tersebut kita saling mendukung, dan saling mendapatkan manfaatnya. Hanya saja penyedia layanan guest post dan penyumbang harus diberikan ruang yang sama, sama-sama mendapatkan manfaat bukan hanya saling memanfaatkan.

Karena itulah ayo!! Biasakan untuk bermain cantik, saling menjaga, dan saling memberikan manfaat bukan dengan saling mencari manfaat. Caranya, dengan menjalankan sejumlah kode etik yang mungkin tidak pernah menjadi aturan tertulis di kalangan sesame blogger.

Syarat menyumbangkan artikel di layanan guest post;

  1. Pastikan artikel adalah artikel original bukan hasil copy paste, minimal adalah hasil tulisan ulang. Akan lebih baik adalah artikel unik, unik dari segi materi, ide, dan gaya penulisan.
  2. Artikel bukanlah karya yang hanya mengejar keuntungan dan pemanfaatan halaman orang lain. Belajar peka tentang bagaimana susahnya pemilik blog membangun halaman mereka. Menghargai jerih payah tersebut terkesan sederhana, namun dengan itulah kita juga akan dihargai.
  3. Akan lebih baik jika penyumbang juga memberikan sumbang sih optimasi, jika misalkan penyumbang memiliki kemampuan dalam mengoptimasi karya tulisan nya.

Ketiga hal di atas bisa menjadi pertimbangan agar antara penyedia dan kalangan yang memanfaatkan sama-sama mendapatkan manfaat juga. Tentu saja pihak penyedia juga memberikan imbalan yang layak, layak sesuai kebutuhan masing-masing. Misalkan dengan mengijinkan penyumbang artikel menautkan link dofolllow di artikelnya, atau memberikan credit link penulisnya agar sedikit banyak meningkatkan kepopuleran kita.

Apa saja manfaat guest blog:

  1. Mampu meningkatkan kepopuleran penulisnya.
  2. Mampu meningkatkan kunjungan kepada halaman blog penyedia layanan, dan kalangan yang ikut berpartisifasi.
  3. Merekatkan silaturrahmi antara blogger.
  4. Terbantu dalam banyak hal diantara kedua belah pihak.
  5. Saling soppurt dan saling bantu optimasi blog masing-masing.
  6. Terciptanya sebuah persaingan antar blog dengan cara yang sehat, dan bukan dengan cara saling menjatuhkan.
  7. Terjalinnya sebuah jaringan antar pegiat online untuk kepentingan bersama.
  8. Meningkatkan penghasilan masing-masing kedua belah pihak.
  9. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah: hadirnya sebuah rasa senang, semangat, dan motivasi untuk lebih baik di dalam hati kita bersama.

Untuk sisa manfaat yang mungkin bisa kita rasakan masing-masing. List di atas hanyalah sebuah list perkiraan tak berdasar dari penulis yang selama ini bisa penulis rasakan. Mungkin ada perbedaan persepsi yang dirasakan oleh blogger lainnya.

Penulis mungkin jarang update di blog ini, namun ini adalah halaman personal saya, silahkan masukkan emal berlangganan untuk mendapatkan update perkembangan terbaru. Itu akan sangat membantu saya dalam mengembangkan banyak blog, tentunya juga mungkin akan sangat membantu kalian mendapatkan informasi terbaru seputar optimasi dan pengembangan terkini dunia internet, dll.

Leave A Reply

Your email address will not be published.