Fakta Menarik Peran Kualitas Judul Postingan, Mampu Meningkatkan Visitor

Bagaimana kita membuat sebuah judul postingan yang berkualitas, mampu menarik orang untuk membacanya, atau sedikit banyak membuat orang meliriknya.

Ais elkirami,- Jika dibilang pemula maka bisa dikatakan iya, saya adalah pemula. Pendatang baru dibelantahan dunia perblogkan. Jika dibilang pemain lama, juga bisa iya, karena faktanya saya juga sudah aktif ngeblog sejak tahun 2010an. Jika dihitung sudah cukup berumur, dan harusnya sudah banyak atau minimal satu site yang mampu diandalkan.

Namun kenyataan nya sebagai profesional blog juga belum benar-benar mampu diraih. Penulis atau admin sangat menyadari bagaimana kita memulai benar-benar dari NOL besar, tanpa adanya pengetahuan sama sekali. Bagaimana perjuangan penulis meraba dan menerka cara mengelola halaman-halaman weblog agar menjadi sebuah halaman profesional. Sebuah pengalaman yang kemudian akan menjadi bahan dongengan penulis di halaman ini.

Bertahun lama nya penulis hanya bisa menulis dengan gaya amatir, tanpa perduli berbagai prinsip dasar dalam penulis. Penulisan sesuai standar dasar pun tidak pernah di perhatikan, apalagi bagaimana caranya menulis dalam konsep marketing agar menarik lebih banyak perhatian. Alhasil selama bertahun lamanya juga penulis hanya menyajikan karya sampah yang tidak terlalu berharga. Bukan nya mendapatkan hasil yang diharapkan, bukan nya mendatangkan manfaat buat orang lain. Yang ada malah sebaliknya.

Berangkat dari pengalaman itulah, semuanya kemudian di catat dan kemudian ditelaah kembali layaknya anak yang baru lahir. Makanya sangat wajar jika penulis hanyalah seorang pemula. Banyak fakta-fakta nyata yang dulu diabaikan namun kini mulai dimanfaatkan, misalkan bagaimana memanfaatkan peran kualitas judul postingan yang nyatanya sangat mempengaruhi pembaca.

Peran judul nyatanya mampu meningkatkan kunjungan ke halaman blog, ini berdasarkan analisa mendalam penulis. Walau hanya sebuah opini tanpa mendasar, namun hanya akan bisa dibuktikan jika kita lakukan secara nyata. Penerapan akan membuka jalan pembuktian.

Fakta pertama bahwa media memanfaatkan framing judul untuk menarik pembaca.

Fakta Menarik Peran Kualitas Judul Postingan

Judul dengan penuh menggugah rasa ingin tahu, bahkan sebagian nya malah sengaja dibikin kontroversi menjadi salah satu senjata media koran, surat kabar harian, berita media online, dll. Untuk itu, jangan terkaget-kaget jika kita melihat bagaimana media mempermainkan mata calon pembacanya dengan judul berita yang bombastik, kerasa menuhuk banget, bikin esmosi eh emosi maksud saya.

Misalnya ada berita yang menyebutkan “ Artis A pindah agama, netizen pun banyak membully”. Ternyata isi beritanya hanyalah pernyataan seorang netizen yang entah siapa, karena menggunakan akun tidak jelas. Jadi isi berita bukan fakta, hanya menyebutkan ada akun yang tidak jelas yang berusaha membuat statement ngaur tanpa bukti. Namun karena pembaca membaca judulnya yang seolah bahwa artis A tersebut pindah agama, maka ramelah pembacanya.

Apakah media tersebut menipu pembaca, tidak! Media hanya membuat frame judul yang menarik pembaca.

Fakta kedua novel memanfaat judul buku yang kurang biasa.

Fakta Menarik Peran Kualitas Judul Postingan“Cendra Hilangnya Cahya Cinta” atau “Kabut Di Alam Sana” adalah sebuah kalimat abstrak yang hanya akan kita pahami kala mana kita sudah membaca sebagian isi buku atau secara kesuluruhan. Judul buku sengaja dibuat kurang biasa, abstrak, dll untuk menarik orang untuk membacanya.

Penulis sekaligus admin sudah biasa membaca novel-novel dengan judul yang sangat begitu. Hoby penulis yang memang doyan membaca nyata nya tetap tertarik dengan sebuah novel karena judul. Soal isi buku itu belakangan, beli baca dulu barulah kita bisa mengatakan bahwa buku ini itu baik kualitasnya atau tidak.

Fakta ketiga tentang banyaknya post blog dengan judul post bombastik.

Sebagai pegiat blog penulis tentu saja menyempatkan baca-baca sana-sini dari halaman blog tetangga. Terkadang kalau sempat dan ada waktu serta mod baik, maka disempatkan meninggalkan jejak sambil berharap ada kunjungan balik. Banyak sekali kita temukan dari kalangan blogger yang kemudian ikut mengoptimasi judul halaman post nya dengan judul-judul yang bombastik, bahkan sebagian malahan ada yang dengan sengaja mengompori pembaca dengan judul kurang lazim.

Dari catatan itulah penulis ingin mengangkat topik, bagaimana semestinya sebuah judul diterapkan untuk mengejar sebuah kualitas, bukan hanya soal tampilan menarik minat.

Sisi Marketing Dalam Judul Postingan, Angkat Topik dan Tarik Peminat.

Judul harus elegan, menunjukkan materi apa saja yang akan kita bahas. Namun juga harus menyentuh sisi marketing agar banyak kalangan yang kemudian tertarik membacanya walau sekedar mampir saja. Misalkan “Peran Penting Judul” menjadi topik pembahasan yang ada pada tulisan kita, kemudian digabungkan dengan sisi marketingnya “Tingkatkan Pengunjung Blog” yang kemungkinan besar akan menarik kalangan pegiat blog.

Tinggal bagaimana kita menyatukan keduanya dalam bahasa yang sederhana, dan rangkaian kalimat yang mungkin akan menjadi target kata kunci yang kita inginkan. Pembahasan bagaimana menargetkan kata kunci mungkin menjadi pembahasan lain lagi, namun antara trik mengangkat topik dengan sisi marketing sebenarnya saling melakukan kolaborasi agar mampu menghasilkan hasil yang maksimal.

Saran saya begini; coba kumpulkan sejumlah kata kunci yang sekira banyak peminatnya. Buatlah draf kata kunci tersebut, kemudian pilih kata yang paling relevan dengan artikel anda dan gabungkan tanpa harus meninggal dua faktor yang sudah kita bahas. “mengangkat topik” dan “sisi marketingnya”.

Yang menentukan sebuah kualitas judul postingan adalah bagaimana kita sebagai penulis melihat peluang dari susunan kata yang kita tulis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.