Investasi Dan Sedekah Harus Berjalan Searah

Investasi Dan Sedekah

Apa hubungan nya antara investasi dengan sedakah, dan kenapa harusnya jalan searah? Ini akan kita bahas dalam bahasan yang ringan, namun jangan sampai kita kehilangan pengertian yang sesungguhnya. Saya percaya bahwa orang yang banyak membaca dan mau berpikir akan menemukan jalan kesuksesan nya, bukan hanya kesuksesan dunia namun juga kesuksesan akhirat.

Tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan lebih dari investasi kita. Kita menginvestasikan harta kita agar harta tersebut terus berkembang dan kita bisa mendapatkan keuntungan. Bukan kah begitu adanya? Dan beberapa hari lalu saya mendapatkan sebuah pelajaran berharga dari seseorang, bagaimana dia menginvestasikan kehidupan nya bukan hanya untuk harta benda namun juga untuk kehidupan dunia dan akhirat yang lebih baik.

Sedekah sendiri adalah sebuah anjuran yang di suruh oleh agama, yang ternyata memiliki banyak nilai hikmah di dalam nya. Ada banyak, bahkan mungkin kita harus menilai berdasarkan banyak sudut pandang agar bisa melihat nilai hikmah sedekah. Yang pasti ternyata sedekah adalah bagian dari sebuah gerekan sosial yang menjadikan kita dan masyarakat di sekitar kita lebih hidup dan memjadikan sebuah tatanan kehidupan sosial.

Wujud Sedekah Yang Beraneka Ragam.

Bahkan sebuah senyuman, tegur sapa, dll bisa bernilai sedekah. Yang namanya sedekah tidak muthlak harus memberikan sebagian harta kita kepada faqir dan miskin. Bahkan sedekah bisa dalam wujud mentraktir kawan untuk secangkir kopi yang diminumnya, memberikan solusi kesulitan hidupnya, memberikan arahan untuk mereka yang kebingungan, dan banyak lagi ragam sedekah menurut hemat saya.

Sdekah Adalah Investasi Terbaik.

Investasi Dan Sedekah

Sedekah adalah investasi kebaikan yang kita sendiri yang akan menerima feedback dari sedekah tersebut. Saat kita berinvestasi dengan harta, maka harta bisa hilang dan bisa merugi. Namun tidak ada kerugian bagi mereka yang menyebarkan kebaikan kepada orang lain. Sedekah adalah perwujudan kasih dan sayang kita antar sesama, wujud dari rahmatan lil ‘alamin yang diajarkan, wujud dari irham nya kita yang akan menjadi sebab irhamnya Allah SWT, malaikat, dan penduduk bumi.

Berinvestasi Dengan Sedekah.

Dengan sedekah sebenarnya kita sedang menjalin sebuah ikatan kuat dengan orang lain, setidaknya kita telah membangun sebuah network kehidupan antar sesama. Yang mana sebagai makhluk sosial tentu kita akan sangat membutuhkan orang lain disekitar kita.

Kemarin tepatnya beberapa hari yang lalu seorang teman lama menghubungi saya. Setelah ngobrol panjang lebar justru dia menawari saya sebuah pekerjaan setelah lama tidak ketemu. Saya berpikir bahwa tuhan banyak cara untuk mengeluarkan kita dari masalah, termasuk masalah keuangan dan pekerjaan. Tentu itu bukanlah hal yang datang dengan cuma-cuma tanpa sebab. “Li Kulli Syai’in Sababa” setiap segala sesuatu ada sebabnya, dan dia menghubungi saya karena kami memang teman dekat, pernah saling bantu antar satu sama lain saat sekolah dulu di asrama pesantren.

Bahkan beberapa bulan yang lalu kami pernah mengalami sebuah pengalaman unik saat melakukan sebuah projeck. Ternyata ada seseorang kenalan, walau hanya sebentar karena pernah ketemu di sebuah warung kopi. Dia adalah seseorang pernah saya traktir secangkir kopi, dan Alhamdulillah dipertemukan lagi di sana. Dia juga yang kemudian bilang sama kita “Kalau ada apa-apa disini, hubungi saja saya, insya Allah kalau di daerah sini saya kenal semua, kali ajah ada yang ganggu pekerjaan sampean” ujarnya.

Jadi benarlah kata orang, kebaikan, sedekah, dll adalah investasi yang terbaik. Nanti jika tidak di dunia maka di akhirat kita akan menerima feedback atas kebaikan kita tersebut. Setidaknya orang-orang akan menjadi saksi kita dihadapan tuhan bahwa kita termasuk orang baik-baik. Saya teringat dengan kata-kata seorang ulama kharismatik di daerah saya “Orang bakhil itu musuh Allah SWT, walau dia orang ‘alim”. Bagaimana kita akan sukses dalam hidup, jika tuhan pemberi kesuksesan adalaha musuh kita.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger yang perduli dengan nilai-nilai sosial sebuah kehidupan masyarakat. Konsisten dalam menulis, dan siap belajar dari siapa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *