Download Mudah Melalui Terminal Linux

Banyak hal sederhana dan ringan dalam pembahasan seputar linux, kita akan bahas secara sederhana dipembahasan seputar gadget, IT, OS komputer, aplikasi, dll.

Selamat Malam sobat Blogger… Terima kasih sudah mampir ke tempat saya, tapi mungkin kita akan sedikit melangkah keluar topik yang sudah saya tulis sebelum-sebelumnya. Hari ini kita pengen berbagi pengalaman menggunakan perangkat lunak komputer, jadi bukan untuk mengajari siapa-siapa. Namun lebih kepada saling sharing pengalaman yang bermanfaat.

Just info untuk pengguna baru OS linux, saya tidak ingin mengajari pengguna lama. Saya pikir mungkin ini adalah pembahasan basi bagi sejumlah master, namun bagi saya yang pemula menggunakan linux tentu ini adalah hal baru.

Dalam keseharian mungkin kita sering menemukan kejadian-kejadian menjengkelkan dimana setelah sekian lama mendownload sebuah file dengan ukuran besar justru karena hal sesuatu terpaksa mengulang karena jaringan putus atau mati lampu. Menjengkelkan bukan, mungkin banyak software download yang bisa kita andalkan untuk mensiati masalah-masalah tersebut, namun bagaimana seandai jika kita menggunakan sebuah trik linux. Mendownload file dengan menggunakan terminal, sehingga kita bisa menyambung proses donwload yang tertunda dengan mudah.

Bagi pengguna linux tentu paham betul bagaimana pentingnya sebuah terminal dalam banyak proses, menginstall software, update atau upgrade system operasi, dll. Bahkan terminal juga bisa kita gunakan untuk mendownload sebuah file dengan mengetik kode perintah.

Untuk mendowload sebuah file, kita cukup mengetik perintah wget di iringi link file yang akan kita download.

Jadi kita buka dulu terminal bisa dengan menekan tombol ctrl+Alt+T maka terminal akan otomatis terbuka, kemudian kita ketik “wget” dilanjutkan link url sebuah file yang akan kita download tanpa tanda petik atau tanda apapun. Kemudian tekan Enter, maka terminal otomatis akan mendownload file tersebut.

Biasanya file akan di simpan pada folder home jika misalkan kita tidak mengatur folder yang mana, namun jika misalkan kita ingin mengatur di folder mana kita ingin menyimpan nya maka bisa dengan mengakses folder terlebih dahulu.

Cara mudah untuk pemula, silahkan buka folder pada window dan folder yang kita inginkan. Kemudian kelik kanan dan pilih open terminal sehingga posisi kita secara otomatis berada pada folder tersebut. Barulah kita ketik perintah wget untuk mendownload.

Sederhana bukan?

Bagaimana jika proses download berhenti karena alasan tertentu, misalkan mati listrik sehingga komputer mati dan terminal tertutup?

Untuk melanjutkan proses download yang terhenti, kita cukup mengulangi langkah pertama tadi, hanya saja perintah yang harus kita ketik sedikit berbeda. Yakni dengan menambahkan perintah -c setelah perintah wget.

Wget -c link_url_file

Jika kita mengetik perintah wget maka proses download akan mengulang dari awal dengan file baru, namun dengan menambahkan perintah -c sehingga menjadi wget -c maka download akan melanjutkan proses yang terdahulu.

Misalkan kita download file tertentu dengan ukuran file 10GB namun setelah 8GB terminal tertutup, maka kita bisa melanjutkan proses download. Inilah istimewanya pengguna linux, khususnya kalau download file menggunakan terminal.

Ada banyak trik-trik sederhana lainnya tentunya yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk pengguna linux pemula, namun kita akan bahas secara pelan-pelan saja dalam obrolan ringan dalam bentuk postingan lainnya. Jika tertarik dengan pembahasan-pembahasan ringan di weblog ini bisa membookmark weblog ini mengikuti akun sosial media kami ya!!. Salam blogger dan salam pengguna linux dari kami.

Leave A Reply

Your email address will not be published.