Bisnis Online Yang Bakal Booming Di Tahun 2018

Kira-kira bisnis apa sih yang akan booming di tahun depan nanti, ini hanya adalah analisa kami.

Ini bukan soal prediksi, namun hanya sekedar analisa penulis setelah memperhatikan perkembangan teknologi dan pengguna Internet. Sebagai pembuka penulis masih meyakini bahwa penggunaan internet tahun depan masih terus meningkat dari angka tahun ini. Berapa pun angka pengguna internet di tahun 2017 ini, namun sebenarnya internet masih berpeluang  besar semakin membengkak penggunanya.

Pengguna internet yang menggunakan gadget maupun destop atau laptop masih sama-sama meningkat mengingat banyaknya user baru yang juga mulai masuk ke internet. Dari kalangan anak baru remaja hingga kalangan orang dewasa yang baru melek internet.

Namun peluang bisnis sepertinya akan sedikit mengalami puncak guncangan sehingga pegiat bisnis online harus menyesuaikan kembali bisnis mereka. Ada yang tenggelam, namun juga tentu saja ada yang mulai tumbuh mekar atau istilah populernya boming. Nah pembahasan kali ini penulis ingin mengajak pembaca sama-sama menganalisa guncangan yang akan terjadi.

Publisher Iklan Akan Merusut Penghasilan Nya.

Fakta atau bukan?. Kita lihat penghasilan publisher iklan di tahun ini fakta nya menurut dengan sangat. Menurun nya penghasilan di karenakan banyak sebab, di antaranya;

  1. Persaingan publisher iklan yang juga semakin banyak. Banyak user baru publisher iklan sehingga menyebabkan penyebaran iklan semakin meluas, namun berefek pada penurunan penghasilan publisher iklan itu sendiri.
  2. Harga biaya publisher iklan yang turun dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya biaya periklanan di Indonesia. Google Adsense sendiri semakin mengembangkan bisnis iklan nya, dari mengadakan promo besar-besaran biaya iklan yang murah namun penayangan iklan yang di kembangkan sedemikian rupa dengan alasan kepuasan pengiklan.
  3. Google bahkan semakin memanfaatkan mesin pencarian nya untuk menampilkan iklan. Semakin banyak tayang iklan sepadan dengan harga yang ditawarkan, pengiklan dengan mudah mendapatkan klik kunjungan di mesin pencarian sehingga publisher yang biasa mengandalkan halaman site, blog atau lainnya mulai mendapatkan saingan terberat.
  4. User internet mulai familiar dengan yang namanya iklan, dan melakukan browsing melalui internet ketimbang mengklik iklan di site atau blog publisher. Bahkan ada sebagian yang merasa terganggu dengan tayangan iklan di halaman site atau blog sehingga lebih banyak menskip atau mengaktifkan aplikasi block iklan di browser miliknya.
  5. Semakin cerdasnya user pengguna internet dan ada ke alergian terhadap iklan di situs atau blog publisher itulah kenapa google semakin memanfaatkan mesin pencarian, dan bisa jadi akan memanfaatkan layanan sosialnya g+ untuk menayangkan iklan seperti layanan media sosial facebook. Itu akan semakin memperburuk penghasilan publisher iklan adsense.
  6. Iklan banyak di kuasai oleh perusahaan raksasa, yang sebenarnya sudah begitu familiar diingatan pengguna internet, sehingga pengguna internet lebih banyak mengunjungi langsung situsnya melalui link langsung atau mesin pencarian ketimbang klik iklan.

Jika kita perhatikan 6 point di atas adalah apa yang terjadi saat ini. Perhatikan saja untuk kata kunci potensial di mesin pencarian bahkan lebih banyak di kuasai iklan ketimbang konten situs.

Untuk itulah penurut penulis bisnis online dengan mengandalkan menjadi publisher iklan tahun 2018 bisa jadi akan semakin menurun, walau pengiklan tetap atau bahkan semakin banyak.

Bisnis Online Yang Bakal Booming

Jasa Review Akan Meningkat.

Berbanding lurus dengan menurunnya penghasilan publisher iklan, namun disertai dengan meningkatnya permintaan riview produk atau situs bisnis.

Dalam dunia bisnis iklan bukanlah satu-satu cara meningkatkan penjualan, namun ada banyak faktur lainnya. Sebagaimana yang sudah saya bahas sebelumnya, jika user pengguna internet semakin cerdas dalam memilih mana iklan dan mana yang bukan, juga ternyata membuat user pengguna internet tidak mudah terpikat hanya berdasarkan tayangan iklan.

Random Post
1 of 3

User internet bahkan cendrung akan lebih percaya kepada komentar orang lain ketimbang tayangan iklan yang bombastik, mengingat keterbukaan informasi di internet. Hal tersebut sedikit memaksa pegiat bisnis, dari bisnis kecil hingga perusahaan raksa berebut testemoni atau komentar user internet lainnya, dalam catatan komentar yang mampu meningkatkan brand mereka.

Di sana lah sebenarnya alasan kenapa jasa review atau review bayaran akan semakin meningkat pemesanan nya. Karena review atau testemoni pengguna internet lainnya di anggap langkah terbaik dalam membesarkan merek branding mereka. Ini di anggap strategi marketing yang jitu untuk menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis mereka.

Di tahun 2017 bisnis ini sudah terlalu boming sebenarnya, namun menurut penulis di tahun 2018 bisnis ini akan semakin eksis. Hanya saja yang harus di perhatikan adalah soal harga dan persaingan penyedia konten, dan publisher review. Harga bisa saja ikut jatuh karena user yang menerima jasa review saling berebut menerima job tersebut, sehingga membuat harga jasa jadi tidak stabil. Untuk tahun 2017 saja untuk satu artikel review ada yang di hargai Rp100.000 saja, maka tidak mustahil di tahun 2018 akan menurun atau naik.

Perdagangan Online Akan Meningkat, Namun Toko Online Cendrung Bertahan.

Dengan meningkatnya layanan internet maka perdagangan online yang di tahun 2017 lagi laris manisnya, di tahun 2018 juga akan meningkat. Bagi kalian yang melakukan bisnis perdagangan online jangan khawatir selama bisa menyesuaikan kualitas dan persaingan harga.

Namun, keberadaan toko online akan cendrung bertahan atau bahkan mulai runtuh dominasinya. Hal tersebut mengingat banyaknya perusahaan raksasa, dan semakin merebaknya forum jual beli & marketplace.

Sebenarnya isu penipuan online juga mempengaruhi, sehingga user pengguna internet lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Toko online yang baru berdiri cendrung sulit mencari pelanggan, karena calon konsumen akan lebih senang bertransaksi di perusahaan raksasa yang sudah terkenal keamanan nya, atau marketplace yang menawarkan kenyamanan nya.

Pengelola toko online harus lebih giat lagi berusaha memperbaiki layanan nya & kualitas barang jualan nya dengan persaingan yang semakin meningkat jika ingin bertahan lebih lama lagi.

Jasa Online Perlu Di Pertimbangkan.

Dengan meningkatnya layanan internet maka imbasnya adalah masuknya banyak bisnis baru ke jaringan internet, termasuk bisnis penyedia layanan jasa yang dipasarkan di internet.

Jika anda adalah penyedia jasa, maka sudah harusnya mempertimbangkan memasarkan jasa anda di internet untuk mengimbangi era persaingan yang ada. Misalkan dengan membuat situs jasa anda, atau situs pemesanan jasa anda.

Jika awalnya kita hanya mengenal toko online & jualan online, kedepan nya jasa layanan online akan meningkat, misalnya bisnis layanan laundry antar jemput yang di online kan. Sehingga mempermudah para ibu-ibu untuk minta pakaian nya di ambil & dicucikan. Dan ini berlaku untuk usaha jasa lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.