Ini Cara Ku Belajar Komputer Secara Otodidak, Bisa Anda Tiru

Belajar komputer bisa kita lakukan dengan mengandalkan pengalaman, bahkan pengalaman adalah guru terbaik kita.

Ais elkirami,- Sahabat semuanya, para bapak-bapak dan para ibu-ibu maupun para adik-adik manis yang baru saja berusaha belajar komputer, belajar mengoperasikan dan menggunakan komputer. Mungkin kalian kemana mencari jasa layanan kursus komputer yang bagus. Walau sebenarnya komputer bisa kita pelajari secara otodidak jika hanya sekedar untuk mahir menggunakan nya, namun mungkin akan lain kisahnya jika kalian memang ingin memliki kemampuan spesialis di bidang tersebut.

Cara belajar komputer itu mudah saja, asalkan anda mau lebih serius mempelajarinya. Ada banyak bahan yang bisa kita gunakan sebagai media pembelajarannya, salah satunya dengan ngebaca artikel-artikel dengan topik komputer. Artikel-artikel tersebut bisa kita temukan di majalah-majalah IT atau buku-buku yang ngebahas tentang komputer. Saya sendiri memiliki beberapa koleksi buku tentang komputer, dari buku jadul untuk mengetahui cara kerja sebuah komputer yang kebanyakan tidak akan berbeda jauh dengan perkembangan terbaru, hingga buku terbaru yang ngebahas tentang informasi terbarukan.

Cara belajar komputer secara otodidak bisa dengan memiliki sendiri perangkatnya. Sehingga kita bisa langsung menerapkan dan belajar dari penglaman, kemudian baca-baca atau tanya-tanya jika misalkan kita kurang memahami sesuatu hal.

Saya sendiri baru memiliki perangkat komputer sendiri dengan full saya miliki baru tahun 2014an. Saya rakit sendiri, install operasi system nya, install sendiri sejumlah software maupun pasang sendiri perangkat hardwarenya hingga akhirnya bisa dijalankan. Karena itu saya paham betul karakter komputer saya, karena memang dari tahapan awal saya lakukan sendiri, saya nggak beli paket komputer sudah jadi melainkan beli perangkat hardware yang saya butuhkan.

Pertama saya hanya beli yang bekas, VGA bekas dan CD Room pun hanya bekas. Karena keterbatasan dana yang dimiliki, namun akhirnya saya memiliki perangkat komputer dengan mendukung perangkat komputer terbaru. Walau beberapa perangkat hardware kala itu ada sebagian yang bekas, khususnya hardware yang sipatnya bukan vital. Sementara hardware utama seperti proses, harddisk, motherboard saya gunakan versi terbaru dengan pertimbangan akan mempermudah mempertimbangkan jika kemudian saya mau upgrade.

Soal pengetahuan basic komputer, hanya ada beberapa pengetahuan saja. Utamanya kita tahu jenis hardware dan kegunaan nya, kita tahu bagaimana cara kerjanya. Dari sanalah titik awal pembelajaran saya tentang komputer. Menyenangkan !! tentu saja. Bahkan ada rasa bangga kala mana kita bisa meraket sendiri komputer dengan pengetahuan yang sangat minimalis.

Pesan tulisan saya sederhana saja, jika kita ingin belajar tentang satu masalah maka totalitaslah kita mempelajarinya. Jangan takut dengan yang namanya risiko, karena risiko tentu ada namun bukan dengan ditakuti melainkan dijadikan pemicu semangat. Ini juga berlaku kala mana kita ingin mempelajari hal-hal lainnya, termasuk belajar bagaimana kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat. Lakukan lah, jangan hanya menunggu secara teori belaka, karena teori hanyalah akan membuat kita lelah tanpa hasil jika tidak disertakan dengan praktiknya langsung.

Waktu dalam kehidupan kita hanya sedikit, ini menurut ku. Fakta tentang waktu yang sedikit sudah saya paparkan sebelumnya, makanya kita harus berani mengambil sebuah risiko. Jika tidak!! Sudilah kita berkutat dengan langkah yang sama di tempat yang sama tanpa adanya kemajuan yang berarti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.