Apakah Menjadi Blogger Harus Punya Mentor?

Apakah Menjadi Blogger Harus Punya Mentor

Menjadi blogger sekarang mulai bergeser menjadi sebuah profesi yang sangat menjual. Faktanya demam menjadi blogger semakin merambah kesejumlah kalangan, tentunya dengan iming-iming dan motivasinya masing. Dan saya tidak akan menyanggah jika misalkan ada sejumlah orang yang ingin menjadi blogger untuk mencari penghasilan.

Berbagai cara dilakukan untuk menjadi blogger yang sukses, dan hasilnya ada yang berhasil menggapai cita-citanya dan ada juga yang sebaliknya. Bahkan tidak jarang ada yang kalah sebelum bertarung. Dalam perjalanan saya, sudah berapa orang yang minta diajarkan bagaimana mengelola sebuah blog, namun kebanyakan saya persilahkan untuk memulainya terlebih dahulu dan menanyakan kepada saya jika misalkan ada kendala. Ini semata-mata karena saya sendiri bingung harus mengajarkan dari mana terlebih dahulu, saya tidak pengalaman dimentorin oleh orang lain dalam ngeblog.

Apakah memiliki seorang mentor itu penting?.

Sebuah pertanyaan sederhana kemudian muncul, penting tidak seorang mentor atau bisakah kita menjadi blogger tanpa secara otodidak?.

Dalam kesempatan ini saya tidak ingin mengatakan apakah penting atau tidak, bisa atau tidak, tapi silahkan menilainya sendiri dengan mentelaah komentar saya tentang itu. Karena sebenarnya menjadi blogger dengan cara otodidak sangat mungkin bisa kita lakukan, namun untuk membesarkan sebuah blog kayaknya akan sangat berat, khususnya berat di waktu yang akan terlalu banyak kita habis hanya untuk sekedar melakukan percobaan.

Mau mengakui atau tidak, membesarkan sebuah blog dengan otodidak atau meraba-raba sendiri akan terlalu lama waktu yang dihabiskan. Entah berapa lama itu, tergantung daya tangkap kita. Akan berbeda rasanya jika kita memiliki seorang mentor yang akan banyak mengajari kita banyak hal.

Tahukah kamu apa saja manfaat seorang mentor?.

Menurut saya seorang mentor bukan hanya mengajari kamu, namun juga membesarkan kamu yang awalnya bukan siapa-siapa kemudian menjelma menjadi orang yang akan diperhitungkan oleh lawan-lawan yang menjadi pesaing mu. Tergantung bagaimana kita memanfaatkan nya. Jadi jangan salah! Kalian harus pandai memanfaatkan mentor kamu, dari sekedar banyak tanya sampai menjadi alat bantu membesarkan branding mu sendiri.

Mentor mu bisa jadi adalah pelanggan pertama blog kamu, dia bisa jadi adalah awal bagus kamu membangun customer base kamu. Dari seorang mentor kita bisa mendapatkan banyak koneksi yang akan dijadikan customer base. Misalkan: kita bisa berkenalan dengan orang lain yang juga dimentori olehnya, sehingga koneksi kita di dunia ngeblog menjadi sangat luas. Kita juga bisa saling sharing dengan mentor dan orang-orang yang kita kenal melaluinya.

Dalam dunia bisnis jika kita ingin menjadikan blog sebagai bisnis kita, maka customer base harus kita bangun, dan ini sangat penting. Silahkan kalian baca pada artikel saya sebelumnya tentang customer base. Dan kita bisa membangunnya dari sebuah komunitas kecil yaitu kelas belajar kita. Saya akan sangat menganjurkan anda belajar dalam sebuah kelas terbuka yang banyak di ikuti oleh orang lain, bukan kelas private. Karena dalam komunitas kecil kelas belajar kita, bisa kita jadikan langkah awal membangun customer base dan mempraktikan pengetahuan bisnis kita.

Dari sini sebenarnya sudah kita pahami bagaimana kedudukan seorang mentor dalam membesarkan blog kita. Bukan soal penting atau tidak, atau bisa kah atau tidak. Tapi, ini soal ternyata seorang mentor sebenarnya akan sangat berguna bagi kita. Jadikan saat kita membayar biaya mentoring sekalipun, rasanya sepadan dengan hasil yang akan kita terima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *